Sabtu, 20/04/2024 - 09:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Parlemen AS Gelar Pemungutan Suara Tentang Legislasi Senjata Api

ADVERTISEMENTS

Bila lolos, undang-undang ini jadi langkah besar dalam mengatasi kekerasan senjata AS

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 WASHINGTON — Senat Amerika Serikat (AS) akan mengambil langkah untuk meloloskan rancangan undang-undang pengendalian senjata api pertama dalam beberapa dekade. Langkah ini didorong dua penembakan massal di negara yang kesulitan menekan kekerasan senjata api.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Senator mempercepat pemungutan suara paket legislasi bipartisan untuk memperketat undang-undang senjata api pemerintah federal. Senat diperkirakan akan menggelar pemungutan suara mengenai undang-undang setebal 80 halaman satu pekan sebelum reses selama dua minggu.

ADVERTISEMENTS


Undang-undang yang terungkap pada Selasa (21/6/2022) kemarin itu tidak jauh dari apa yang diinginkan Partai Demokrat termasuk Presiden Joe Biden. Bila diloloskan maka undang-undang ini akan menjadi langkah terbesar Kongres AS dalam mengatasi kekerasan senjata api.

Berita Lainnya:
Xi Jinping Bertemu Pemimpin-Pemimpin Bisnis AS di Beijing


Legislasi ini terdiri dari pasal-pasal yang membantu negara bagian mengambil senjata dari orang-orang yang dianggap dapat membahayakan dirinya sendiri dan orang lain. Undang-undang ini juga akan mengisi apa yang disebut celah kekasih pria.


Caranya dengan melarang pria pelaku kekerasan pada pasangan tak menikahnya untuk membeli senjata api. Pelaku penembakan massal toko swalayan di New York dan sekolah dasar di Texas merupakan remaja.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Legislasi baru akan mengizinkan negara bagian untuk mengirimkan catatan kejahatan remaja pada sistem pemeriksaan latar belakang untuk pembelian senjata api. Undang-undang ini akan menaikan batas usia untuk dapat membeli senapan semi otomatis dari 18 menjadi 21.

Berita Lainnya:
Dampak Aksi Protes Dokter Berkepanjangan, RS di Korsel Tutup Bangsal


Pelaku penembakan di Texas dan New York berusia 18 tahun yang membeli senjata api mereka sendiri. Ketua Senat dari Partai Demokrat Chuck Schumer mengatakan ia berharap rancangan undang-undang dapat lolos pekan ini.


Sementara Senator Chris Murphy yang memimpin rekan-rekannya di Demokrat untuk membuat kesepakatan dengan Partai Republik menyebut undang-undang itu “legislasi anti-kekerasan senjata api dari Kongres paling signifikan yang diloloskan dalam 30 tahun”.


“Ini merupakan terobosan, dan yang paling penting ini terobosan bipartisan,” kata Murphy di ruang sidang Senat sebelum mengumumkan undang-undang ini. Ketua Senat dari Partai Republik Mitch McConnell menyebut legislasi itu “paket masuk akal” dan berjanji untuk mendukungnya.


sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi