Sabtu, 20/04/2024 - 04:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Muslim di Shetland Ingin Ubah Toserba Jadi Masjid

ADVERTISEMENTS

Jika disetujui, masjid itu akan menjadi masjid paling utara di Inggris.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

SHETLAND — Muslim di Kepulauan Shetland, Skotlandia kemungkinan akan mendapatkan masjid jika permohonan seorang pengusaha untuk mengubah tokonya menjadi tempat ibadah bagi umat Islam mendapat persetujuan dari otoritas setempat. Jika rencana itu berhasil, struktur di kota utama kepulauan Shetland di Skotlandia akan menjadi masjid paling utara di Inggris.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


 

ADVERTISEMENTS


Dengan tidak adanya tempat ibadah, sekitar 30 Muslim yang tinggal di pulau-pulau harus menggunakan kamar di atas restoran untuk sholat Jumat. Mereka diizinkan menggunakan mushala di Rumah Sakit Gilbert Bain, tetapi pembatasan pandemi mengganggu pengaturan.

Berita Lainnya:
Mengenal Kiai Jatira dalam Perjuangannya Mendakwahkan Islam di Cirebon


 


Pengusaha Ghufar Razaq datang ke pulau tersebut dengan orang tuanya pada 1970. Dia berpikir bangunan tokonya tidak terpakai selama beberapa tahun dapat diubah menjadi tempat ibadah umum dan kegiatan rekreasi serta pusat dukungan Muslim.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


 


“Bangunan tersebut akan menjadi tempat bagi umat Muslim untuk berpartisipasi dalam shalat berjamaah setiap Jumat dan selama festival Islam dan hari-hari suci,” tulis permohonan itu dilansir dari Eastern Eye, Rabu (22/6/2022).


Razak, yang telah mengumpulkan Rp 172 juta untuk memasok scrub ke panti jompo selama pandemi, mengatakan jika rencana masjid berhasil, pulau-pulau itu bisa mendapatkan seorang imam. “Kami telah menggunakan rumah dan [ruang] di atas toko dan bahkan rumah sakit untuk sementara waktu.  Dengan banyak dokter locum (Muslim) datang ke Shetland selama bertahun-tahun, salah satu pertanyaan pertama mereka adalah, di mana sholat Jumat diadakan?” kata Razaq. 

Berita Lainnya:
Bermunculan Orang Mengaku Nabi, Tanda Kiamat Kian Dekat?


“Saya sendiri telah berada di sini selama lebih dari 50 tahun. Bahkan sebelum itu, saya yakin ada seorang dokter Muslim yang tinggal di Unst,” tambahnya, merujuk pada pulau paling utara di Inggris yang berpenghuni.


 


Populasi Muslim sangat kecil di pulau-pulau ini, sekitar 70 orang pada awal 2000-an. Saat ini jumlahnya berkurang karena banyak keluarga bermigrasi ke daratan Inggris.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi