Kamis, 18/04/2024 - 15:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Iran Sebut akan Terus Kembangkan Nuklir Sampai Barat Ubah Perilaku

ADVERTISEMENTS

Iran akan mengembangkan program nuklirnya sampai Barat mengubah perilaku ilegal

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

TEHERAN – Pemerintah Iran menyebut akan lebih mengembangkan program nuklirnya sampai Barat mengubah “perilaku ilegalnya.” Pernyataan ini dikatakan pejabat tinggi keamanan Iran Ali Shamkhani dalam pertemuan dengan diplomat tinggi Uni Eropa.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Tindakan pembalasan Iran di sektor nuklir hanyalah tanggapan legal dan rasional terhadap unilateralisme AS dan kelambanan Eropa dan akan berlanjut selama praktik ilegal Barat tidak diubah,” kata Shamkhani dilansir dari Al Arabiya, Sabtu (25/6/2022).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Berkunjung ke Tempat Pengaderan dan Museum PKC

Sementara Shamkhani tidak merinci praktik apa yang dia maksud. Pembicaraan tidak langsung Iran dengan Amerika Serikat tentang menghidupkan kembali pakta nuklir 2015 akan segera dilanjutkan, menteri luar negeri Iran mengatakan di tengah dorongan oleh diplomat tinggi Uni Eropa untuk memecahkan kebuntuan selama berbulan-bulan dalam negosiasi.

“Kami siap untuk melanjutkan pembicaraan dalam beberapa hari mendatang.  Yang penting bagi Iran adalah untuk sepenuhnya menerima manfaat ekonomi dari kesepakatan 2015,” kata Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, menambahkan bahwa ia telah mengadakan “pertemuan panjang tapi positif” dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell.

Berita Lainnya:
Surat Kabar Lebanon: Israel akan Serang Rafah Seusai Lebaran

Pakta itu tampaknya hampir dihidupkan kembali pada bulan Maret ketika UE – yang mengoordinasikan negosiasi – mengundang para menteri luar negeri yang mewakili pihak-pihak dalam perjanjian ke Wina untuk menyelesaikan kesepakatan setelah 11 bulan pembicaraan tidak langsung antara Teheran dan pemerintahan Presiden Joe Biden.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Tetapi pembicaraan itu telah macet, terutama karena desakan Teheran bahwa Washington menghapus Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) dari daftar Organisasi Teroris Asing AS.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi