Selasa, 16/04/2024 - 22:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Kemendikbudristek Bantah Program Praktisi Mengajar Saingi Dosen

ADVERTISEMENTS

Praktisi mengajar merupakan program pelengkap bagi dosen agar mahasiswa kreatif.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menegaskan, program praktisi mengajar tak akan menjadi pesaing bagi dosen. Kemendikbudristek mengimbau, mahasiswa mendaftar dalam program tersebut guna memanen manfaatnya. 

ADVERTISEMENTS


Direktur Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek, Sofwan Effendi, mengatakan, mahasiswa akan mendapat banyak manfaat dari program praktisi mengajar. Salah satunya, memperoleh pengalaman langsung dari praktisi profesional berdasarkan bidangnya masing-masing.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah


“Masiswa bukan hanya mendapatkan kompetensi akademik, kepakaran, cara berpikir, cara pemecahan problem, tetapi juga langsung dihadapkan pada problem riil dari pengalaman yang disiapkan atau disampaikan oleh para praktisi yang dihadirkan di kampus,” kata Sofwan dalam keterangan pers pada Rabu (29/6).

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Mengapa Ada Bullying?


Sofwan menegaskan, praktisi mengajar merupakan program pelengkap bagi dosen agar mendorong mahasiswa lebih kreatif dan berkompetensi sesuai masalah riil di dunia industri. “Kami harap semoga program ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar tujuan kita bisa tercapai,” lanjut Sofwan.


Sofwan menjelaskan, untuk bisa bergabung menjadi pengajar, praktisi bisa mengajukan pendaftaran ke perguruan tinggi dan program studi (prodi) yang dipilih sesuai kebutuhan serta kompetensi melalui laman praktisimengajar.id. Kemudian, dosen di perguruan tinggi turut bisa mengajukan permintaan praktisi yang dibutuhkan.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah


Sofwan menegaskan, program ini merupakan kolaborasi antara akademik dengan praktisi bukan pesaing atau mengganti

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal


“Intinya, dosen dan praktisi akan saling berkolaborasi dan melengkapi, bukan mengganti. Selain mendidik dan membimbing mahasiswa dari sisi keilmiahannya di kelas, dosen juga membutuhkan pengalaman di dunia industri. Begitu pun dengan praktisi, mereka juga membutuhkan ilmu yang melandasi kompetensinya,” ucap Sofwan. 

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Alasan Harbour Energy Ikut Serta Dalam Pengembangan SDM di Indonesia


Sementara itu, Kepala Program Praktisi Mengajar, Gamaliel Waney telah bekerja sama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) di seluruh Indonesia supaya bisa bergabung dalam Program Praktisi Mengajar. Ia turut mengundang institusi-institusi di industri dari perusahaan-perusahaan besar.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024


“Kami mengundang jejaring-jejaring praktisi lewat asosiasi dan komunitas. Kami melihat bagaimana respons positif dari praktisi di bidang budaya. Itu sangat positif sekali,” ucap Gamaliel. 

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi