Jumat, 19/04/2024 - 08:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

NATO Tuding China Berusaha Tumbangkan Tatanan Internasional

ADVERTISEMENTS

Untuk pertama kalinya, NATO menyebut China menentang aliansi pertahanan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

MADRID – Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk pertama kalinya menyebut China menentang aliansi pertahanan tersebut. NATO menuding Beijing berusaha menumbangkan tatanan internasional berbasis aturan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Republik Rakyat China menyatakan ambisi dan kebijakan koersi menentang kepentingan, keamanan, dan nilai-nilai kami,” demikian bunyi konsep strategis NATO yang diterbitkan pada pertemuan puncak NATO di Madrid, Spanyol, Rabu (29/6/2022).

ADVERTISEMENTS

NATO kemudian menuding China menargetkan negara anggota aliansi pertahanan tersebut dengan operasi hibrida dan siber yang berbahaya serta retorika konfrontatifnya. “China berusaha untuk menumbangkan tatanan internasional berbasis aturan, termasuk di ruang angkasa, dunia maya, dan domain maritim,” katanya.

Berita Lainnya:
Khawatir, Obama Mulai Cawe-cawe di Pilpres AS

Dokumen panduan NATO, yang diperbarui untuk pertama kalinya sejak 2010, menempatkan Rusia sebagai ancaman paling signifikan dan langsung terhadap keamanan sekutu setelah invasi ke Ukraina. Menurut NATO, hubungan yang kian erat antara Rusia dan China berlawanan dengan nilai serta kepentingan mereka.

China telah mengkritik keras apa yang digambarkan NATO dalam dokumen panduan terbarunya. Beijing menilai, NATO telah memfitnah dan menyerang mereka. Misi China untuk Uni Eropa mengungkapkan, NATO mengklaim negara-negara lain menimbulkan tantangan. Padahal, menurut mereka, NATO yang menciptakan masalah di seluruh dunia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Asosiasi Dokter Korsel akan Pilih Pemimpin Baru, Krisis Kesehatan Dipastikan Berlanjut

Pertempuran di Ukraina menjadi isu pokok dalam KTT NATO di Madrid. Mereka menegaskan dukungan untuk Kiev agar bisa memenangkan konflik melawan Rusia. Selain bantuan dana, negara anggota NATO akan mempertahankan bantuan militer.


sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi