Sabtu, 20/04/2024 - 07:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

KPK Minta Komitmen Integritas Partai Hanura

ADVERTISEMENTS

KPK berharap para kader Hanura berkomitmen untuk menerapkan materi antikorupsi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata meminta integritas partai Hanura dalam gelaran Pemilu 2024 nanti. KPK berharap para kader Hanura berkomitmen untuk menerapkan materi antikorupsi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Pakta integritas yang telah ditandatangani semoga tidak hanya di atas kertas, tapi betul-betul diimplementasikan setiap menduduki jabatan,” kata wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dalam keterangan, Jumat (1/7/2022).

ADVERTISEMENTS


Alex mengatakan, KPK akan terus memandu dan memonitor kinerja para pejabat/penyelenggara negara. Dia melanjutkan, jika patuh dan berkomitmen penuh serta berintegritas maka sudah pasti tidak akan tersandung korupsi.


Menurut Alex, biaya politik di Indonesia sangat mahal sehingga dalam proses pemilihan pun para calon seperti diwajibkan memiliki modal. Dia menegaskan, tidak ada calon yang gratis melenggang maju pemilukada.

Berita Lainnya:
Ajukan Kasasi, KPK Incar Aset Hasil Transaksi Rafael Alun dan Anak Bos Mayapada


“Kami telah melakukan survei, dana yang harus dimiliki para calon untuk menjadi Kepala Daerah tingkat II saja sebesar Rp20-30 miliar. Untuk Gubernur, harus memiliki dana Rp 100 miliar,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Dia mengatakan, ongkos pencalonan dalam proses penyelenggaraan pemilukada tersebut didapat dari berbagai sponsor. Lantaran partai politik membolehkan berbagai perusahaan menyumbang.


Namun, kata Alex, hal itu menjadikan beban politik di masa depan ketika sang calon terpilih. Misalnya, perusahaan kontraktor menyumbang sang calon maju dalam pemilukada. Ketika sang calon tersebut terpilih, maka akan ditagih ‘jatah proyek’ di pemerintahannya.


“Kalau calon yang dijagokan menang, perusahaan penyumbang tersebut ikut tender dalam proyek kebijakannya dan pasti akan diloloskan. Nah yang seperti ini akan runyam karena sudah dipesan di awal, bahkan mulai dari perencanaan proyeknya, kegiatannya, lelangnya, dan harga yang terbentuk juga pasti tidak benar,” katanya.

Berita Lainnya:
LPSK Putuskan Beri Perlindungan Tiga Orang Dekat Mantan Mentan SYL, Ini Alasannya


Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang mengaku bakal menerapkan saran, sistem, metodologi yang disampaikan KPK. Sehingga dapat menjadi bahan dalam mensosialisasikan dan membentuk kader partai yang taat hukum serta berpartisipasi aktif dalam mencegah korupsi.


“Partai Hanura akan melakukan sosialisasi dan budaya antikorupsi dan berpartisipasi aktif dalam memantau dan mempersiapkan kader antikorupsi melalui program dari Partai Hanura, khususnya dalam memberantas korupsi,” katanya.


 


 


Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi