Sabtu, 20/04/2024 - 13:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Peneliti Korea Selatan Kembangkan Tes PCR untuk Deteksi Cacar Monyet dalam 90 Menit

ADVERTISEMENTS

Cacar monyet bisa menyebar melalui droplet, peneliti coba tes dengan PCR.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Sekelompok peneliti dari perusahaan Seegene mengembangkan metode pengetesan baru yang dapat mendeteksi cacar monyet dalam waktu singkat. Pengetesan ini diharapkan dapat membantu menelusuri penyebaran virus dan menekan transmisi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Metode pengetesan bernama Novaplex MPXV Assay ini hadir dalam bentuk tes PCR dan mampu mendeteksi cacar monyet dalam waktu 90 menit. Seperti dilansir BioSpectrum Asia, Novaplex MPXV Assay dikembangkan dengan menggunakan sistem pengembangan pengujian otomatis berbasis kecerdasan buatan milik Seegene.

ADVERTISEMENTS

Perusahaan diagnostik molekuler asal Korea Selatan ini berharap metode pengetesan yang mereka kembangkan dapat membantu menekan penyebaran cacar monyet di dunia. Seegene berencana untuk menghadirkan Novaplex MPXV Assay di negara-negara yang telah mendeteksi virus monkeypox.

Cacar monyet bisa bertransmisi lewat droplet. Namun, sebagian besar penularan cacar monyet terjadi melalui kontak antarkulit.

Berita Lainnya:
Ini Kata Polisi Soal Video Pemasangan Bendera Bulan Bintang di Polsek Samalanga

Kasus cacar monyet diprediksi akan semakin meningkat di beberapa wilayah, khususnya Inggris dan Eropa secara umum. Alasannya, aktivitas berkerumun di berbagai acara festival hingga kelab malam di wilayah tersebut semakin meningkat seiring dengan datangnya musim panas.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

UK Health Security Agency (UKHSA) mengimbau agar masyarakat untuk berhati-hati bila menghadiri acara besar di musim panas atau melakukan hubungan seksual dengan pasangan baru. Masyarakat juga diminta untuk mewaspadai gejala-gejala cacar monyet yang mungkin mereka alami.

Berita Lainnya:
Sambut Lailatul Qadar, Presiden Erdogan Undang Qari Aceh Takdir Feriza ke Turki

“Waspadai gejala cacar monyet sehingga Anda bisa dites secara cepat dan membantu mencegah penularan infeksi kepada orang lain,” ungkap Incident Director UKHSA Dr Sophia Makki, seperti dilansir Express, Kamis (30/6/2022).

Dr Makki mengatakan sebagian besar kasus cacar monyet yang terdeteksi mengenai pria muda yang aktif secara seksual. Akan tetapi, Dr Makki mengingatkan bahwa cacar monyet bisa mengenai siapa saja.

“Bila Anda curiga bahwa Anda terkena cacar monyet, jangan pergi ke acara-acara, menemui teman, atau melakukan kontak seksual,” pungkas Dr Makki.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi