IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Iran Siap Bantu Cegah Turki Serang Suriah

Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Hossein Amirabdollahian melakukan kunjungan yang sangat jarang dilakukan ke Uni emirat Arab (UEA) untuk memberikan penghormatan terakhir bagi wafatnya Presiden UEA Khalifa bin Zayed.

Iran bekerja mencari solusi politik untuk mencegah Turki menyerang Suriah utara.

BEIRUT — Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian melakukan kunjungan ke Damaskus, Suriah. Dia menyatakan pada Sabtu (2/7/2022), Iran bekerja mencari solusi politik untuk mencegah Turki menyerang Suriah utara.

“Kami mengumumkan kesiapan kami untuk menawarkan solusi politik dan kesiapan kami untuk membantu dalam hal ini,” kata Amirabdollahian.

“Kami akan mengerahkan semua upaya kami untuk mencegah operasi militer terjadi,” katanya.

Amirabdollahian mengatakan telah berbicara dengan para pejabat Turki tentang solusi diplomatik. Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Al-Moqdad mengatakan, pemerintahannya menyambut baik upaya Iran.

Ankara telah bersumpah akan melakukan serangan baru di petak-petak Suriah utara untuk menggulingkan kelompok pimpinan Kurdistan yang didukung oleh Amerika Serikat (AS). Ankara telah melakukan tiga serangan ke Suriah utara sejak 2016 yang digambarkan Damaskus sebagai pelanggaran kedaulatan dan integritas teritorialnya.

Kementerian Luar Negeri Suriah telah memperingatkan Turki agar tidak menyerang lagi. Mereka mengatakan akan menganggap operasi itu sebagai kejahatan perang.

Iran telah menjadi sekutu setia Suriah selama konflik 11 tahun terakhir. Negara ini menawarkan dukungan militer, politik, dan ekonomi.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Iran Siap Bantu Cegah Turki Serang Suriah
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!