Jumat, 19/04/2024 - 20:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Korut Tuding AS Berupaya Bentuk NATO Asia

ADVERTISEMENTS

Korut menilai AS berupaya untuk membentuk NATO di kawasan Asia

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

PYONGYANG – Korea Utara (Korut) mengkritik kesepakatan baru antara Amerika Serikat (AS), Korea Selatan (Korsel) dan Jepang tentang penguatan kerja sama militer. Menurut Pyongyang, kesepakatan itu hanya kedok AS untuk membentuk aliansi layaknya Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di kawasan Asia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA) pada Ahad (3/7/2022) melaporkan hal tersebut mengutip juru bicara kementerian luar negeri Korut yang mempertanyakan tentang kesepakatan tersebut.

ADVERTISEMENTS

“Realitas jelas menunjukkan bahwa tujuan sebenarnya dari AS menyebarkan desas-desus tentang ‘ancaman dari Korea Utara’ adalah alasan untuk mencapai supremasi militer di kawasan Asia-Pasifik,” kata juru bicara itu.

Berita Lainnya:
Pendapatan Aset Rusia yang Dibekukan akan Dipakai untuk Bantu Militer Ukraina

“Situasi yang ada kini justru lebih mendesak negara kami untuk membangun pertahanan negara agar secara aktif mengatasi kerusakan lingkungan keamanan yang semakin mengancam,” imbuhnya..

Pekan lalu Presiden AS Joe Biden, Presiden Korsel Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri  Jepang Fumio Kishida bertemu di sela KTT NATO di Madrid, Spanyol. Ketiganya sepakat bahwa program rudal dan nuklir Korut merupakan ancaman serius bagi Smeenanjung Korea, Asia Timur, dan dunia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ketiganya pun sepakat akan mengeksplorasi cara lebih lanjut untuk memperkuat langkah pencegahan terhadap Korut. Sejak awal tahun ini, seperti diketahui bahwa Korut melakukan serangkaian uji coba senjata. AS dan sekutu pun yakin bahwa negara yang dipimpin Kim Jong-un itu tengah mempersiapkan untuk melakukan uji coba nuklir ketujuh.

Berita Lainnya:
Perusahaan Jepang Diingatkan Jangan Terima Pekerja Teknologi Informasi Asal Korea Utara

\”Kemampuan pencegahan aliansi Jepang-AS dan AS-Republik Korea perlu ditingkatkan sebagai bagian dari upaya penting untuk memperkuat kemitraan trilateral antara Jepang, AS, dan ROK,” kata Kishida dikutip CNN, Ahad.

Sementara itu, hubungan antara Jepang dan Korsel telah lama tegang oleh kenangan pendudukan Jepang di Semenanjung Korea dari tahun 1910 hingga 1945. Hubungan memburuk ke yang terburuk dalam beberapa tahun di bawah Presiden Korsel sebelumnya Moon Jae-in dengan pertikaian atas wilayah dan sejarah dan kedua negara membatalkan pakta berbagi intelijen.

Kendati begitu, Yoon telah menyatakan keinginan untuk memperbaiki hubungan, dan Kishida juga tampaknya merespons dengan baik.


sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi