Rabu, 24/07/2024 - 22:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

4 Penyebab Mimpi Buruk Mendatangi Tidur: Makanan Hingga Posisi Ternyata Bisa Jadi Pemicu

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Mimpi buruk bisa dipicu oleh hal-hal yang dilakukan sebelum tidur.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

JAKARTA — Mimpi buruk dapat membuat orang terganggu. Malam hari yang seharusnya menjadi waktu untuk bersantai dan mengisi ulang energi untuk hari berikutnya akan sulit didapat ketika ketakutan dan kecemasan datang mengusik tidur.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Dilansir dari Huffpost, Senin (4/7/2022), beberapa ahli menyebutkan penyebab-penyebab tak terduga dari mimpi buruk. Tapi, jangan terlalu khawatir, ada juga tips agar membantu kita untuk menikmati hidup sambil mengurangi kemungkinan mimpi buruk.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

1. Hindari alkohol, obat-obatan, atau suplemen

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Alkohol bisa menyebabkan rapid eye movement (REM), sementara antidepresan dan opiat juga dapat meningkatkan frekuensi mimpi buruk. Meskipun tidak sepenuhnya jelas mengapa itu semua bisa terjadi, masih banyak yang belum dipahami tentang otak.

Berita Lainnya:
Wujud Kepedulian Pangdam IM, Masjid Jami’ Baiturrahim Ulee Lheue Selesai Direhab
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Peningkatan tingkat neurotransmiter, seperti dopamin, yang disediakan oleh zat ini, menciptakan perubahan dalam cara kita bermimpi, sering kali mengarah ke mimpi yang lebih jelas dan mimpi buruk yang lebih intens,” kata pakar tidur dari Emma Sleep, Verena Senn, yang telah meneliti tidur dan otak selama hampir 15 tahun.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Melatonin, suplemen yang dapat membantu tidur, juga dapat menyebabkan mimpi buruk. Tidak ada bukti konklusif tentang bagaimana melatonin memengaruhi mimpi, namun ada hubungan melatonin tingkat tinggi dengan mimpi buruk.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Soalnya kita cenderung tidak meninggalkan cukup waktu transisi antara terjaga dan tertidur,” ujar ahli tidur di Dormeo Company, Phil Lawlor.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024


Terkait konsumsi suplemen, cara mengatasinya bisa dengan berkonsultasi pada dokter. Di samping itu, hindari meneguk minuman beralkohol.

Berita Lainnya:
Festival Rapai Aceh 2024, Pj Gubernur: Upaya Pemajuan dan Pelestarian Budaya

2. Makan sebelum tidur

Camilan sebelum tidur juga bisa menyakiti otak. “Ini karena tubuh akan bekerja keras untuk memecah makanan, dan akan mengirim sinyal ke otak untuk lebih aktif, yang dapat memicu mimpi buruk,” kata Lawlor.

Selain itu, makanan dapat mengganggu pola tidur karena keringat malam dan refluks asam. Makanan manis dan makanan pedas dapat memicu lebih banyak gelombang otak, dua makanan itu secara langsung terkait dengan gangguan tidur.

Cara mengatasinya ialah dengan menyantap makanan terakhir antara dua sampai tiga jam sebelum tidur. Pilih makanan yang tepat, walaupun tidak ada bukti konklusif yang mengatakan bahwa makan makanan tertentu dapat membantu tidur.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

هَٰؤُلَاءِ قَوْمُنَا اتَّخَذُوا مِن دُونِهِ آلِهَةً ۖ لَّوْلَا يَأْتُونَ عَلَيْهِم بِسُلْطَانٍ بَيِّنٍ ۖ فَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرَىٰ عَلَى اللَّهِ كَذِبًا الكهف [15] Listen
These, our people, have taken besides Him deities. Why do they not bring for [worship of] them a clear authority? And who is more unjust than one who invents about Allah a lie?" Al-Kahf ( The Cave ) [15] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi