Rabu, 24/04/2024 - 00:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

India-Vietnam Kerja Sama Bidang Pertahanan Atasi Ancaman China

ADVERTISEMENTS

India-Vietnam tingkatkan kerja sama pertahanan hadapi ancaman di Laut China Selatan

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 NEW DELHI— India dan Vietnam meningkatkan kerja sama pertahanan yang bertujuan untuk menciptakan lapisan keamanan ekstra saat China mengerahkan kekuatannya di Laut China Selatan. Pada Juni, kedua negara ini menandatangani nota kesepahaman tentang dukungan logistik timbal balik, yang memungkinkan militer mereka untuk menggunakan pangkalan masing-masing untuk perbaikan dan pengisian kembali pasokan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Kementerian Pertahanan India menunjukkan ini merupakan tonggak sejarah bagi Hanoi, dengan mengatakan itu adalah perjanjian besar pertama yang ditandatangani Vietnam dengan negara mana pun. Kedua pemerintah, yang telah memiliki kemitraan strategis yang komprehensif sejak 2016, juga menandatangani pernyataan visi bersama untuk meningkatkan lingkup dan skala kerja sama pertahanan Indo-Vietnam yang ada pada tahun 2030.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Biden: Iran Jangan Lakukan Serangan Balasan


Selain itu, mereka bekerja untuk memperluas hubungan mereka sejalan dengan Prakarsa Samudra Indo-Pasifik India dan Pandangan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara tentang Indo-Pasifik.

ADVERTISEMENTS


Dilansir Nikkei Asia pada Senin (4/7/2022), Vietnam khawatir tentang agresivitas China di Laut China Selatan serta militerisasinya. Pendapat ini diungkapkan Srikanth Kondapalli, seorang profesor studi China di Universitas Jawaharlal Nehru yang berbasis di New Delhi. “Mereka berpikir bahwa mereka perlu memiliki negara lain yang berpikiran sama untuk bersatu di laut, di mana Hanoi memiliki sengketa teritorial dengan Beijing,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Pemantau Pemilu: Turki Perlu Pastikan Kebebasan Berekspresi 


Dia berpendapat bahwa dari sudut pandang Vietnam, India dipandang sebagai ‘taruhan yang lebih baik’ daripada banyak negara lain yang memiliki masalah sejarah dengan Hanoi, termasuk AS karena Perang Vietnam. India, yang memiliki masalah sendiri dengan China dalam kebuntuan perbatasan Himalaya yang berkepanjangan, juga memiliki proyek eksplorasi minyak di perairan Vietnam. Beijing, yang mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan, sering menyuarakan keberatan atas kegiatan pengeboran perusahaan milik negara India, ONGC Videsh, di daerah yang diperebutkan.


 


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi