Selasa, 16/04/2024 - 11:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNETTEKNOLOGI

Mengenal Smart Contract yang Bikin Peran Blockchain Makin Luas

ADVERTISEMENTS

Dikutip dari Seeking Alpha beberapa waktu lalu, kehadiran smart contract membuat beragam infrastruktur layanan tak perlu bergantung lagi pada centralized entities atau entitas terpusat. Artinya, sejumlah infrastruktur layanan tak lagi melibatkan campur tangan pihak ketiga. Kebutuhan akan smart contract atau kontrak cerdas pun diakomodasi dengan komprehensif oleh Ethereum. Lewat open-source blockchain tersebut, maka pengguna bisa membuat smart contract untuk beragam programmable condition termasuk transaksi keuangan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Smart contract dianggap lebih efisien dibandingkan dengan kontrak konvensional yang membutuhkan peran dari pihak ketiga untuk menentukan beragam proses dari kesepakatan yang telah disetujui oleh pihak pertama dan pihak kedua. Artinya, lewat kontrak cerdas ini, maka pihak pertama dan kedua bisa menjalani beragam proses dengan lebih cepat tapi tetap aman.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Akhir Era Nintendo, Wii U dan 3DS Online Tutup

Sebagai ilustrasi, peran smart contract bisa digunakan oleh investor dan tim produksi. Tanpa smart contract, biasanya investor dan tim produksi yang bertindak sebagai pengguna dana milik investor akan sangat membutuhkan pihak ketiga untuk memastikan bahwa kesepakatan itu bisa berjalan dengan baik dan memastikan seluruh pihak akan mendapat keuntungan sesuai dengan kesepakatan yang ada.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Jika kesepakatan itu berjalan dengan lancar, maka pihak perantara akan menyalurkan keuntungan kepada kedua pihak tersebut. Namun, kedua pihak itu wajib membayar jasa pihak ketiga.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Ini Alasan Kamu Harus Beli iPhone pada Tahun Ini

Nah, dengan adanya smart contract, maka pihak investor dan tim produksi tak lagi memerlukan perantara sehingga seluruh proses bisa dilakukan dengan lebih cepat dan tanpa harus menyiapkan anggaran khusus untuk pihak ketiga.

Keamananya pun terjamin karena smart contract dibekali dengan kode token yang diperlukan untuk setiap aksi yang terkait dengan kontrak tersebut. Oleh karena itu, siklus kerja atau work flow dari smart contract juga perlu ditunjang oleh decentralized applications (dapps).

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi