Sabtu, 20/04/2024 - 12:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Fiji Apresiasi Undangan G20 untuk Wakili Negara Kepulauan

ADVERTISEMENTS

Pemerintah Fiji juga mengapresiasi peran aktif Indonesia dalam berbagai isu global.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Pemerintah Fiji mengapresiasi undangan dari Indonesia untuk menghadiri pertemuan menteri luar negeri kelompok 20 negara ekonomi besar dunia (G20). Fiji hadir sebagai wakil dari negara-negara kepulauan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Apresiasi itu disampaikan oleh Perdana Menteri merangkap Menteri Luar Negeri Republik Fiji Josaia Voreqe Bainimarama saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Bali pada Kamis (7/7/2022), menurut keterangan Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Kamis. PM Bainimarama berpendapat bahwa undangan tersebut menunjukkan inklusivitas presidensi G20 Indonesia dan keberpihakan terhadap kepentingan negara berkembang.

ADVERTISEMENTS


Selanjutnya, Pemerintah Fiji juga mengapresiasi peran aktif Indonesia dalam berbagai isu global, seperti penanganan pandemi COVID-19, dan upaya menghentikan perang. Dalam konteks kerja sama bilateral, Fiji mengapresiasi bantuan teknis Indonesia, antara lain dalam bentuk pembangunan salah satu sekolah di Fiji, dan pelatihan teknik sipil, dalam kerangka pengembangan sumber daya manusia.

Berita Lainnya:
Menlu Retno: Penyelesaian Masalah Palestina Kunci Kestabilan Timur Tengah


Dalam pertemuan bilateral antara Menlu RI dan Fiji itu telah dibahas juga secara khusus komitmen kedua negara untuk meningkatkan kerja sama dalam penanganan perubahan iklim dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Kedua Menlu juga menyampaikan harapan agar pembahasan perjanjian perdagangan bebas (free trade agreement/FTA) Indonesia-Fiji dapat segera diselesaikan.


Pada kesempatan itu, PM Bainimarama pun kembali menegaskan penghormatan terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah Indonesia. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Para menteri luar negeri G20 akan berkumpul ketika dunia berjuang menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, seperti dampak perubahan iklim, pandemi COVID-19, dan meningkatnya krisis ketahanan pangan. Mengenai dampak perang Rusia-Ukraina, para anggota G20 juga akan membahas konsekuensi yang ditimbulkan perang itu pada inflasi, keamanan ekonomi, pasar energi internasional, serta perdamaian dan keamanan.

Berita Lainnya:
Menlu Retno dan Dubes Negara Arab Bahas Perkembangan Krisis Gaza


Secara kolektif, anggota G20 mewakili sekitar 80 persen ekonomi global, dua pertiga penduduk dunia, dan tiga perempat perdagangan internasional. G20 beranggotakan Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brazil, China, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Meksiko, Prancis, Rusia, Turki, dan Uni Eropa. Tahun ini adalah kali pertama Indonesia memegang keketuaan G20.


sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi