Jumat, 19/04/2024 - 16:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Makanan Sehat Ini Bisa Picu Lonjakan Kadar Gula Darah

ADVERTISEMENTS

Meski menyehatkan, makanan tertentu juga dapat tingkatkan kadar gula darah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Lonjakan kadar gula darah tak hanya bisa disebabkan oleh konsumsi makanan bergula tinggi seperti kue. Buah pisang yang terkenal menyehatkan pun bisa memberikan efek yang serupa.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Pisang adalah buah-buahan sehat dengan banyak kandungan gizi yang bisa menunjang kesehatan secara umum,” jelas ahli kebugaran Nataly Komova, seperti dilansir Express, Jumat (8/7/2022).

ADVERTISEMENTS

Salah satu keunggulan dari pisang adalah kandungan kaliumnya yang tinggi. Pisang juga dikenal kaya akan serat dan vitamin B6.

Namun, pisang juga diketahui memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi. Satu buah pisang berukuran sedang umumnya mengandung 23 gram karbohidrat, 2,6 gram serat, dan 12 gram gula sederhana.

Menurut Komova, konsumsi pisang dalam jumlah besar bisa memicu lonjakan kadar gula darah, khususnya bagi individu yang sensitif terhadap karbohidrat. Praktisi National Health Service (NHS) Dr David Unwin bahkan mengklaim bahwa konsumsi banyak pisang sama buruknya seperti menyantap enam sendok gula.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Sering Dikira Penyakit Keturunan, Sebetulnya Apa yang Membuat Anak Kena Diabetes Tipe 1?


Di sisi lain, perlu diketahui bahwa ada banyak ahli diabetes yang tak sependapat dengan Dr Unwin. Semua makanan yang mengandung karbohidrat pada dasarnya bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Akan tetapi, peningkatan kadar gula darah ini bisa terjadi secara perlahan, sedang, atau cepat.

Indeks glikemik (IG) pada suatu makanan dapat memberi petunjuk mengenai seberapa cepat makanan tersebut bisa memicu peningkatan kadar gula darah. Makanan dengan skor IG yang rendah, yaitu 55 ke bawah, biasanya menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang perlahan atau bertahap. Sebaliknya, makanan dengan IG yang tinggi akan memicu lonjakan kadar gula darah dalam waktu singkat.

Berita Lainnya:
Jus Buah Dianggap Minuman tak Sehat oleh Ahli Kesehatan, Mengapa?

Pisang sebenarnya memiliki skor IG dalam rentang yang rendah hingga sedang, yaitu 42-62. Skor IG ini akan bergantung pada tingkat kematangan pisang.

Oleh karena itu, pisang mungkin bukan pilihan buah yang terbaik bagi pengidap diabetes tipe 2. Akan tetapi, pisang juga bukan makanan yang buruk untuk mereka. Menurut Diabetes UK, pisang merupakan opsi makanan yang lebih baik bagi penyandang diabetes tipe 2 bila dibandingkan dengan sepotong kue.

Mengatur pola makan dan memilih jenis makanan secara bijak merupakan salah satu hal penting yang dapat mengelola kadar gula darah penyandang diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 itu sendiri merupakan jenis diabetes yang biasanya berkaitan erat dengan pilihan pola hidup yang kurang sehat.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi