Sabtu, 20/04/2024 - 03:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Jangan Malas Bersihkan Alat Pemanggang, Ini Risikonya

ADVERTISEMENTS

Ketahui cara tepat membersihkan alat pemanggang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Membersihkan panggangan sebelum menggunakannya bisa membuat Anda terhindar dari masalah kesehatan. Selain itu, Anda juga harus rutin membersihkan panggangan tersebut selagi ada waktu, sebab panggangan ini bisa menjadi sarang bakteri.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Meninggalkan lemak dan sisa makanan di atas panggangan bisa mendatangkan masalah keamanan pangan,” ungkap profesional kebersihan lingkungan dan pendiri Hudstone Home, Elizabeth Davis, seperti dilansir laman Huffington Post, Jumat (8/7/2022).

ADVERTISEMENTS

Jika ada makanan atau lemak yang menumpuk di panggangan Anda, itu dapat menarik bakteri seperti salmonella, listeria atau E. coli. Bakteri ini dapat berpindah ke makanan di atas panggangan dan menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Selain itu, kotoran, partikel makanan, abu, dan lemak juga dapat membuat panggangan jadi menimbulkan bahaya kebakaran. Ketika panggangan yang terlalu berminyak dinyalakan, api dapat menjalar dan menyebar.

Berita Lainnya:
ID Food Jaga Stok Tetap Aman Selama Lebaran


Sisa makanan yang meradang dapat melayang dari atas panggangan dan kemudian dapat menyulut rumput, tongkat, atau bahan mudah terbakar lainnya di sekitar panggangan. Terakhir, kegagalan merawat panggangan Anda dapat mengurangi masa pakai peralatan ini.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Jika Anda tidak membersihkan panggangan, itu bisa menyebabkannya berkarat,” ujar Davis.

Pembersihan mendalam

Luangkan waktu untuk membersihkan panggangan Anda secara menyeluruh. Proses mendalam ini hanya perlu dilakukan setahun sekali. Susie Bulloch, pemilik dan pendiri Hey Grill Hey yang berbasis di Utah memberi panduan langkah demi langkah untuk pembersihan mendalam panggangan tahunan:

1. Lepaskan aksesori panggangan

Bulloch dimulai dengan melepas semua komponen yang lepas, termasuk jeruji, penutup burner, baki tetesan, penangkap gemuk, dan bahkan kenop burner. Kemudian sisihkan potongan-potongan ini untuk dibersihkan.

Berita Lainnya:
Silaturrahmi ke Aceh Besar, Pj Gubernur Bustami Hamzah Santuni Anak Yatim

2. Kikis bagian dalam panggangan

Bulloch merekomendasikan untuk mengambil pisau dempul murah dari toko perangkat keras. Gunakan ujung tajam pisau dempul untuk mengikis sisa-sisa mekanan yang menempel dari dalam panggangan Anda atau dari komponen longgar Anda.

3. Degrease aksesori

Gunakan antilengket alami, seperti jeruk, yang aman untuk makanan ketika Anda perlu menyemprotkan komponen longgar Anda. Alat terbaik untuk pekerjaan ini adalah spons dapur klasik dengan sisi yang kasar (tetapi tidak terlalu abrasif). Anda bisa menggunakan semprotan DIY yang dibuat dengan air dan cuka putih dengan perbandingan yang sama.

4. Bersihkan bagian dalam panggangan

Gunakan pembersih gemuk dan spons untuk menyemprot dan membersihkan bagian dalam panggangan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi