Selasa, 16/04/2024 - 11:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

DK PBB Berusaha Capai Kesepakatan Bantuan untuk Suriah

ADVERTISEMENTS

Kemungkinan besar operasi bantuan untuk Suriah akan dihentikan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

NEW YORK — Mandat Dewan Keamanan PBB untuk bantuan PBB untuk sekitar 4 juta orang di Suriah dari Turki habis pada Ahad (10/7/2022). Para diplomat berusaha membuat kesepakatan dengan Rusia yang berselisih dengan Amerika Serikat (AS) dalam memperpanjang operasi bantuan.

ADVERTISEMENTS

Para diplomat mengatakan Irlandia dan Norwegia masih berusaha mencapai kompromi. Tapi tampaknya tidak ada pemungutan suara pada Ahad kemarin sehingga kemungkinan besar operasi bantuan akan dihentikan.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Masa mandat sudah berakhir pada tahun 2020 tapi diperpanjang satu hari kemudian oleh upaya Dewan Keamanan yang kelima. Di stasiun televisi Kanada, CBC, Kepala Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA)  Martin Griffiths mengatakan bantuan itu berupa makanan, obat-obatan, dan tempat tinggal sementara.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Bantuan tersebut, kata Griffiths, tentang hidup dan mati bila tidak dilanjutkan “orang-orang akan meninggal dunia.” Rusia memveto perpanjangan bantuan selama tahun pada Jumat (8/7/2022) lalu. Kemudian gagal mendorong perpanjangan selama enam bulan yang mereka usulkan.

Berita Lainnya:
Draf Resolusi DK PBB Soal Gaza Rancangan AS Diveto Rusia, China

Rusia mengusulkan Dewan Keamanan yang terdiri dari 15 negara anggota mengeluarkan resolusi lagi pada bulan Januari untuk memperpanjang bantuan selama enam bulan lagi. AS, Inggris, dan Prancis mengatakan perpanjangan enam bulan tidak cukup bagi kelompok kemanusian merencanakan dan mengoperasikan bantuan dengan efektif.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB  Linda Thomas-Greenfield bertemu dengan kelompok-kelompok kemanusian. Mereka memberitahunya tanpa bantuan PBB 70 persen kebutuhan pangan tidak akan terpenuhi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

“Seluruh generasi sedang terancam, NGO-NGO (organisasi bantuan) meminta Dewan Keamanan PBB untuk melanjutkan perjuangan menyelamatkan nyawa-nyawa ini, kami sudah bekerja sepanjang pekan dengan Dewan Keamanan PBB untuk mencapai kompromi,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Deputi Duta Besar Rusia untuk PBB  Dmitry Polyanskiy membalasnya di Twitter.  “Tidak perlu ada perjuangan dan anda mengetahuinya dengan sempurna,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024
Berita Lainnya:
Efek Boikot, McDonald's Ambil Alih Ratusan Gerainya di Israel

Setelah dua pemungutan suara di Dewan Keamanan pada Jumat lalu. Polyanskiy mengatakan Moskow akan terus memveto setiap usulan yang bukan usulannya.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Rusia berpendapat operasi bantuan PBB melanggar kedaulatan dan integritas wilayah Suriah. Mereka mengatakan bantuan harusnya dikirimkan dari dalam negeri, tapi oposisi khawatir makanan dan bantuan lain akan dikuasai pemerintah setempat.

Isu operasi bantuan sudah lama menjadi bahan perdebatan di pemungutan suara Dewan Keamanan. Tapi tahun ini terjadi di saat hubungan Rusia dan Barat semakin memanas karena invasi Moskow ke Ukraina.

Pada tahun 2014 lalu Dewan Keamanan memberikan wewenang untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke wilayah yang dikuasai oposisi Suriah dari Irak, Yordania, dan dua titik di Turki. Tapi veto Rusia dan Cina menguranginya menjadi satu titik di perbatasan Turki.


sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi