Jumat, 19/04/2024 - 08:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Kandidat Perdana Menteri Inggris Bertambah Empat Orang

ADVERTISEMENTS

Komite pengawas mempercepat proses memangkas jumlah kandidat perdana menteri Inggris

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 LONDON — Empat kandidat bergabung dalam perlombaan menjadi pengganti Boris Johnson sebagai Perdana Menteri Inggris. Komite yang mengawasi kompetisi itu mempercepat proses memangkas jumlah kandidat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Komite 1922 dari Partai Konservatif merupakan kelompok legislator yang menetapkan peraturan dan jadwal kompetesi pekan depan setelah Johnson dipaksa mundur oleh partainya sendiri. Banyak anggota parlemen yang mendorong prosesnya dipercepat.

ADVERTISEMENTS


Menteri Transportasi Grant Shapps, Menteri Keuangan Nadhim Zahawi dan mantan menteri Jeremy Hunt dan Sajid Javid pada Sabtu (9/7/2022) kemarin menyatakan maju untuk menjadi perdana menteri dari Partai Konservatif. Saat ini sudah delapan kandidat yang menyatakan maju. Diperkirakan masih dua kandidat lagi yang akan mendeklarasikan diri.  


Pada Ahad (10/7) surat kabar Inggris the Mail melaporkan Menteri Luar Negeri Liz Truss akan menggelar kampanyenya pada Senin (11/7). Ia berjanji memotong pajak dan mengatasi krisis lonjakan biaya hidup. Sementara saingan terberatnya Menteri Luar Negeri Ben Wallace mundur.

Berita Lainnya:
Israel Mengaku Berhasil Gagalkan Serangan, Iran Sebut Drone-nya Sukses Capai Target


Beberapa kandidat yang lain juga berjanji memotong pajak, membawa diri mereka berseberangan dengan salah satu kandidat favorit mantan Mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak. Anggarannya yang ia susun tahun lalu membawa Inggris mengalami beban pajak tertinggi sejak 1950-an.  

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Tujuan saya hanya satu: memberikan kesempatan yang terjangkau pada generasi saya, pada semua rakyat Britania, siapa pun anda dan dari mana pun anda berasal. Untuk menyiapkan kapal dan menstabilkan ekonomi,” kata Zahawi seperti dikutip Sky News.


Johnson menunjuk Zahawi sebagai menteri keuangan setelah Sunak mengundurkan diri pada Kamis (7/7) lalu. Sementara itu di surat kabar Sunday Times, Shapps mengatakan ia mengesampingkan pemilihan umum bila berhasil terpilih sebagai perdana menteri. Tapi, ia akan mengeluarkan anggaran darurat pada 100 hari pertamanya yang akan memotong pajak bagi masyarakat yang paling rentan, serta memberikan bantuan pemerintah pada energi.

Berita Lainnya:
Pemimpin Negara Barat Minta Israel tidak Balas Serangan Iran


Hunt yang merupakan mantan menteri luar negeri dan kesehatan kalah dari Johnson pada tahun 2019 lalu dan Javid merupakan mantan menteri keuangan berjanji memotong pajak perusahaan hingga 15 persen. Javid mundur dari jabatannya sebagai menteri kesehatan.


Keputusan tersebut membantu menambah tekanan pada Johnson untuk mundur. Ia juga mengatakan akan mengembalikan kontribusi jaminan sosial yang dicabut bulan April lalu.


“Kami tidak mampu untuk tidak memotong pajak,” kata Javid pada surat kabar the Telegraph.


Anggota parlemen dari Partai Konservatif akan menggelar serangkaian pemungutan suara untuk mengurangi jumlah kandidat perdana menteri menjadi dua orang. Kemudian dua orang itu akan menjalani pemilihan yang diikuti anggota Partai Konservatif. 


sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi