Jumat, 19/04/2024 - 20:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Semester I 2022, Target Penyaluran KPR Himbara Didominasi Kalangan Muda

ADVERTISEMENTS

Pertumbuhan kredit konsumer akan turut meningkat. sepanjang tahun ini

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA– Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mencatatkan penyaluran kredit pemilikan rumah tumbuh signifikan pada pertengahan 2022. Hal ini didorong pemulihan ekonomi dan aktivitas jual beli masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatat pertumbuhan KPR sebesar 7,1 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada Mei 2022. Adapun penyaluran KPR didominasi pegawai yang mayoritasnya berusia muda.

ADVERTISEMENTS


VP Corporate Communication Bank Mandiri, Ricky Andriano mengatakan sejalan dengan tingkat konsumsi yang sudah mulai bergerak naik, perseroan optimistis pertumbuhan kredit konsumer akan turut meningkat. 


“Kami optimistis pertumbuhan pencairan KPR akan terus meningkat sepanjang tahun ini. Untuk mendukung hal tersebut, kami juga sudah menyiapkan beberapa program unggulan lain,” ujarnya kepada Republika, Selasa (12/7/2022).


Adapun program unggulan tersebut antara lain dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan rekanan untuk menyalurkan KPR khusus pegawainya, melalui program HOP atau house ownership program.  Lalu, ada program KPR Lelang. Dalam program ini, Ricky menjelaskan terdapat pilihan properti dengan nilai market yang tinggi, namun dapat dimiliki dengan harga kompetitif melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Menurutnya perseroan juga telah menyiapkan program marketing khusus developer premium. Adapun program ini memungkinkan limit kredit yang lebih besar dan menawarkan benefit percepatan proses. 

Berita Lainnya:
Antisipasi Kebutuhan Lebaran, Pertamina Tambah Pasokan Elpiji 7,36 Juta Tabung


Di samping itu, perseroan juga menyasar program pembiayaan rumah untuk generasi muda, yakni dengan mengeluarkan program KPR khusus milenial. Ricky menjelaskan program KPR khusus milenial memiliki angsuran ringan dengan tenggat waktu (grace period) dan bunga fixed berjenjang yang pasti selama 10 tahun sebesar 4,28 persen pada tahun pertama sampai ketiga. Lalu, 7,68 persen pada tahun ke empat sampai dengan tahun ke enam , dan dilanjutkan dengan 9,68 persen pada tahun ke tujuh sampai dengan tahun ke-10.


Lebih lanjut, sistem payroll, Ricky mengklaim proses yang dilakukan cepat tanpa verifikasi ke perusahaan. Sedangkan perusahaan terpilih, penghasilan yang diperhitungkan aplikasi kredit termasuk dengan bonus dan tunjangan lainnya. 


“Untuk memastikan kualitas kredit dari kalangan milenial ini tetap bagus, maka dilakukan mitigasi berupa pemilihan target market, khususnya untuk milenial yang bekerja di perusahaan-perusahaan yang merupakan nasabah wholesale kelolaan Bank Mandiri beserta value chain-nya,” ucapnya.


Sementara itu PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mencatat pertumbuhan penyaluran KPR sebesar 7,68 persen selama semester I 2022. 


Wakil Direktur BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan  perseroan berupaya mengoptimalkan menggenjot penyaluran kredit di tengah pandemi. 


“Ini angka terbaik pertumbuhan kredit BTN selama pandemi, yang kebanyakan dalam bentuk KPR. Waktu awal Covid-19, di bawah satu persen. Sebelum pandemi kita bicaranya belasan persen,” ucapnya.


Melihat kinerja ini, Nixon masih optimis kinerja kredit tumbuh sembilan persen sampai 10 persen pada 2022. “Salah satu upayanya dengan menggenjot kredit ke segmen milenial melalui KPR Gaess yang menyasar nasabah berusia 21 persen hingga 39 persen,” ucapnya.

Berita Lainnya:
Pos Indonesia Siapkan Tiga Program Memeriahkan Lebaran 2024


Adapun produk ini menawarkan bunga sebesar 3,72 persen yang akan naik mengikuti kenaikan pendapatan dari milenial. Perseroan juga tengah mengembangkan fitur agar nasabah bisa menentukan jumlah angsuran dalam dua hingga tiga tahun pertama setelah itu mengikuti floating bank. “Peminat produk ini sudah banyak. Bahkan, saat ini kebanyakan yang laku itu dari KPR milenial,” ucapnya.


Ke depan diharapkan KPR Gaess diharapkan generasi milenial bisa mendapatkan fasilitas KPR. “Jadi bunganya akan naik secara bertahap, seiring naiknya income milenial,” ucapnya.


Menurutnya kriteria debitur yang memiliki penghasilan fixed income, masa kerja minimal satu tahun. Lalu rentang usia yakni dari 21 tahun sampai 40 tahun. Kemudian, calon debitur juga tidak akan dibatasi plafon kreditnya. 


Adapun jangka waktu maksimal 20 tahun khusus kredit pemilikan apartemen (KPA) BTN, lalu maksimal 30 tahun khusus KPR BTN. Selanjutnya suku bunga diberikan kebijakan suku bunga promo sesuai ketentuan yang berlaku.  Atas suku bunga tersebut di atas calon debitur dibebaskan dari pengendapan dana tabungan. Lalu fasilitas uang muka mulai dari nol persen sesuai ketentuan yang berlaku. 


 


 


 

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi