Jumat, 26/04/2024 - 06:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Dosen Pulang Kampung IPB Ajarkan Pembukuan Sederhana untuk UMKM

ADVERTISEMENTS

Pelatihan diikuti pelaku (UMKM) di Desa Jabong, Kabupaten Subang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

SUBANG — Adanya program pengabdian IPB University berupa Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) memberikan dampak yang baik bagi dosen maupun masyarakat di kampung halamannya. Beragam cara dilakukan dosen sebagai bentuk pengabdian, salah satunya melalui pelatihan untuk masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Dosen IPB University dari Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL), Dea Amanda  SE MSi melakukan pelatihan pembukuan sederhana bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Jabong, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, awal Juli lalu.  Pelatihan ditujukan khususnya kepada kelompok tani Jabong Hydro Farm.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Unsia Raih Akreditasi 'Baik Sekali', Kampus Siap Go Global


Melalui topik ‘Peningkatan Kapasitas Petani dan Pelaku Usaha Pertanian dalam Manajemen Usaha dan Keuangan Berbasis Digital di Jabong Hydro Farm Kabupaten Subang’, Dea Amanda menerangkan, pelatihan ini bertujuan agar masyarakat lebih memahami manfaat adanya pembukuan dalam usaha.

ADVERTISEMENTS


“Manfaat melakukan pembukuan bagi pelaku usaha antara lain untuk mengetahui untung dan rugi, bahan penilaian bisnis, memudahkan pelaporan pajak dan lain-lain,” ujar Dea Amanda dalam rilis yang diterima Senin (11/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Kepada para pelaku UMKM Jabong Hydro Farm, ia juga menekankan pentingnya pemisahan antara uang pribadi dan uang yang digunakan dalam usaha.  “Hal penting yang harus dibiasakan dalam menjalankan usaha yaitu memisahkan uang pribadi dengan uang usaha. Pemisahan ini merupakan tahapan dalam melakukan pembukuan sederhana. Dalam pembukuan harus ada pencatatan transaksi, baik penerimaan maupun pengeluaran, dan menghitung saldo,” ungkap Dea.

Berita Lainnya:
70 Persen Siswa SMA Khadijah Surabaya Lolos PTN Jalur SNBP 2024


Kegiatan pengabdian Dospulkam ini turut diisi oleh beberapa dosen ESL IPB University lainnya, yakni  Asti Istiqomah  SP  MSi, Dr Nuva, Dr Nia Kurniawati, dan Osmaleli  SE MSi dengan tema pelatihan yang berbeda sesuai bidang keilmuannya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi