Sabtu, 20/04/2024 - 09:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

9 Makanan yang Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

ADVERTISEMENTS

Apa yang kita makan bisa memengaruhi kondisi jantung.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Organ di dalam tubuh memainkan peran yang berbeda. Setiap organ memainkan peran integral dan secara signifikan mempengaruhi kesehatan Anda.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Hati yang baik berarti panjang umur dan sehat.  Namun, seiring bertambahnya usia, organ tubuh mulai memburuk.

ADVERTISEMENTS


Dilansir dari ndtv pada Kamis (14/7/2022), menjaga kesehatan seseorang dengan baik dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan tubuh.  Apa yang Anda makan, gaya hidup dan seberapa sering berolahraga semuanya mempengaruhi kesehatan Anda. Sementara makanan tertentu dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, beberapa dapat mengurangi risiko yang sama.


Berikut sembilan makanan yang mengurangi risiko penyakit jantung yaitu:


1. Biji-Bijian Utuh

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Biji-bijian utuh seperti gandum, oat, quinoa, beras merah dan sebagainya. Biji-bijian ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan yang baik dari kesehatan Anda.  Biji-bijian utuh kaya akan serat dan protein. Biji-bijian utuh juga kaya akan karbohidrat yang telah terbukti mengurangi risiko penyakit koroner.


2. Sayuran Silangan


Sayuran silangan lebih dikenal sebagai sayuran berdaun hijau merupakan sumber zat besi dan berbagai nutrisi lainnya. Zat besi dalam sayuran ini membantu dalam produksi sel darah merah.  Contoh, umum sayuran silangan adalah brokoli, bayam, selada, kembang kol, kangkung dan sebagainya.

Berita Lainnya:
Pj Gubernur Bustami Ajak Lembaga Nasional di Aceh Perkuat Kolaborasi


3. Ikan Berlemak


Ikan berlemak seperti salmon dan tuna adalah tambahan yang bagus untuk diet Anda jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung Anda.  Anda juga bisa mengkonsumsi minyak ikan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.


4. Alpukat


Alpukat adalah pilihan nabati jika Anda ingin meningkatkan asupan lemak sehat.  Lemak sehat tidak seperti makanan berlemak, meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Kolesterol baik meningkatkan penyerapan nutrisi lain yang mungkin dibutuhkan tubuh.


5. Cokelat Hitam


Cokelat hitam adalah sumber antioksidan yang hebat.  Makanan super ini juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral lainnya.  Banyak penelitian menunjukkan, bahwa mengkonsumsi dark cokelat secara signifikan mengurangi risiko seseorang terkena penyakit koroner.


6. Minyak Zaitun


Minyak zaitun adalah alternatif yang jauh lebih sehat untuk berbagai minyak dan mentega lainnya.  Minyak zaitun dapat membantu mengurangi kolesterol. Minyak zaitun juga kaya akan antioksidan yang secara instan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu mengobati hipertensi.

Berita Lainnya:
PUPR Aceh Barat Raih Peringkat 1 Terbaik APPD Tingkat OPD


7. Buah Beri


Buah beri adalah alternatif yang lezat untuk permen dan makanan tinggi gula lainnya yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit yang berhubungan dengan jantung.  Buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry dan sebagainya juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh Anda dari kerusakan eksternal.


8. Tomat


Tomat adalah buah yang bagus untuk orang yang menderita masalah tekanan darah. Tomat kaya akan antioksidan yang disebut likopen.  Antioksidan ini melindungi dan melawan racun yang dapat mempengaruhi jantung dan tubuh kita secara keseluruhan.


9. Kacang-Kacangan


Kacang-kacangan adalah sumber lemak sehat lainnya. Kacang-kacangan juga berlimpah di berbagai nutrisi lainnya.  Mereka juga kaya serat.  Semua komponen ini membantu menurunkan kolesterol jahat.


Kacang kaya akan serat dan memainkan peran penting dalam pencernaan makanan Anda. Kacang telah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat.  Kacang juga telah terbukti mengurangi tekanan darah tinggi dan juga dapat mengurangi peradangan.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi