Jumat, 26/04/2024 - 04:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Deforestasi Hutan Amazon Brasil Capai Rekor Tertinggi Selama Paruh Pertama 2022

ADVERTISEMENTS

Gambar satelit menunjukkan deforestasi hutan Amazon mencapai 4.000 kilometer persegi

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 RIO DE JANEIRO — Deforestasi di Hutan Amazon Brasil memecahkan rekor tertinggi selama paruh pertama tahun 2022. Gambar satelit yang diambil antara Januari dan Juni menunjukkan lahan hutan seluas 4.000 kilometer persegi telah hancur.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Deforestasi secara historis lebih tinggi pada paruh kedua dengan musim yang lebih kering karena lebih mudah untuk mengakses daerah-daerah terpencil di jalan-jalan yang tidak beraspal di kawasan itu. Menurut analisis dari Amazon Environmental Research Institute atau IPAM, sebuah organisasi nirlaba Brasil, area yang dihancurkan pada paruh pertama tahun 2022 adalah 80 persen lebih besar dari periode yang sama pada 2018, tahun sebelum Jair Bolsonaro menjabat sebagai presiden.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pengadilan Pakistan Menangguhkan Hukuman Imran Khan dan Istri


Menurut analisis IPAM, sekitar setengah dari penebangan terjadi di lahan publik. Pola deforestasi di Brasil adalah para penjahat merebut tanah publik dengan harapan daerah tersebut akan disahkan untuk lahan pertanian atau peternakan di masa depan. Direktur sains IPAM, Ane Alencar, mengatakan transaksi real estat dan kayu ilegal serta kurangnya penegakan hukum berkontribusi pada peningkatan laju deforestasi.

ADVERTISEMENTS


“Mereka yang mengendalikan Amazon tidak ingin (hutan) itu dilestarikan. Hutan yang berdiri tidak memiliki nilai di Amazon saat ini,” kata Alencar kepada Associated Press.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Surat Kabar Lebanon: Israel akan Serang Rafah Seusai Lebaran


Deforestasi paling besar terjadi di negara bagian Amazonas, melampaui wilayah Para dan Mato Grosso, yang secara historis mencatat lebih banyak penebangan pohon. Ini adalah tren yang mengkhawatirkan karena Amazonas berada jauh di dalam hutan hujan dan tetap murni dibandingkan dengan wilayah Amazon lainnya.


Brasil akan mengadakan pemilihan presiden pada Oktober. Biasanya penegakan hukum di Amazon longgar menjelang pemilihan presiden. Presiden Bolsonaro akan mencalonkan diri untuk masa jabatan empat tahun kedua. Dalam jajak pendapat, Bolsonaro berada di urutan kedua dari pesaingnya yaitu mantan presiden Luiz Inácio Lula da Silva.


sumber : AP

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi