Sabtu, 20/04/2024 - 21:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

DIGITALEKONOMI

Pilihan Bisnis Bidang Digital yang Paling Menguntungkan

ADVERTISEMENTS

Bisnis digital, jarak dan waktu bukan halangan dan anda bisa berbisnis dari rumah

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA–Dengan perkembangan teknologi, entah disadari atau tidak, ada berbagai macam cara baru yang dapat dilakukan untuk memperoleh penghasilan. Peluang bisnis digital seperti terbuka sangat lebar sekarang ini. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Contohnya saja dulu tidak banyak orang yang mengunggah video musiknya di platform online seperti YouTube dan memperoleh penghasilan. Tetapi sekarang ini banyak orang yang memulai karir bermusik dari nol dengan menggunakan platform ini.

ADVERTISEMENTS


Bila membicarakan bisnis di bidang digital, jarak serta waktu bukan sebuah halangan. Anda bisa memperoleh penghasilan bahkan dari rumah saja.


Pilihan Bisnis Bidang Digital


Bila masih bingung menentukan bisnis yang akan dijalankan, berikut sejumlah referensi yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, antara lain:

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


1. Thrift Shop


Pilihan bisnis yang pertama adalah thrift shop. Thrift shop merupakan bisnis yang menjual segala barang bekas atau second. Anda bisa menjual pakaian, aksesoris hingga perabotan second.


 Bisnis ini cocok bagi Anda yang menyukai dunia fashion dan memiliki selera yang banyak disukai orang. Bila memiliki pakaian serta aksesoris yang layak pakai, tidak ada salahnya menjualnya pada pihak kedua.


 Jika Anda juga mempunyai referensi tempat yang bisa dijadikan pilihan untuk membeli baju bekas berkualitas, Anda dapat menjualnya kembali di Instagram, Facebook dan website.


Jika ingin menjual di website, Anda bisa membeli hosting sendiri. Pernah mendengar tentang apa itu hosting? Hosting adalah tempat menyimpan file serta data website sehingga bisa diakses oleh banyak orang dengan menggunakan jaringan internet.


 2.  Konsultan Keuangan


Sekarang ini, tidak sedikit orang yang membutuhkan konsultasi keuangan untuk dapat mengatur penghasilan mereka. Bila Anda memiliki kemampuan khusus di bidang keuangan, tidak ada salahnya untuk membuka layanan konsultasi keuangan.


 Selain praktis, penghasilan yang bisa Anda peroleh dari bisnis ini cukup lumayan. Selain membuka konsultasi dari media sosial, Anda juga bisa membuka layanan konsultasi dari web hosting. 


Apa itu web hosting? Sebenarnya, pengertiannya sama dengan hosting. Web hosting ini merupakan lokasi atau media yang digunakan untuk menyimpan data berbentuk tulisan, video atau gambar.


3. Konsultan Digital Marketing


Digital marketing adalah metode pemasaran yang sekarang ini sedang naik daun. Bila beberapa waktu yang lalu pebisnis menggunakan booth atau bahkan menyebarkan pamflet untuk menyebarkan informasi yang berkaitan dengan produknya, sekarang hal tersebut sudah tidak dibutuhkan.

Berita Lainnya:
Pengamat: Penting Kemitraan di Bidang SDM dengan Perusahaan Teknologi


Menggunakan digital marketing, pebisnis bisa memasarkan produk secara daring serta tidak berbatas jarak. Promosi ini menggunakan iklan berbayar di sejumlah media sosial atau menggunakan Google Adsense.


Jika mempunyai keahlian di bidang ini, sayang rasanya jika melewatkannya begitu saja. Anda dapat membuka konsultan digital marketing. Karena hanya bersifat konsultasi saja, pebisnis akan bertanya pada Anda, seperti apa iklan yang cocok, kemudian mereka akan meramunya sendiri.


4. Mendirikan Startup


Apakah Anda siap mempunyai perusahaan sendiri yang menggunakan basis teknologi digital? Jika demikian, Anda dapat mendirikan perusahaan startup. Anda dapat membangun bisnis ini secara mandiri atau mengajak rekan lain bergabung.


Umumnya, start up dimulai dari membuka perusahaan kecil serta mengedepankan kreativitas. Tetapi tidak menutup kemungkinan bila nantinya perusahaan tersebut akan berkembang menjadi semakin besar.


Di dalam bisnis ini, Anda bisa menyediakan sejumlah konten yang berguna serta layanan jasa pada bidang tertentu. Hal ini  tentu saja sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.


5. Menjual Plugin Serta Template Wordpress


Bisnis yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda bila memiliki keahlian mumpuni pada bidang website seperti CSS, JS, PHP hingga HTML. Jangan salah, dengan membuka bisnis ini, Anda bisa memperoleh banyak uang.


Menjual plugin dapat menjadi bisnis yang begitu menjanjikan. Lebih-lebih jika mengingat pengguna platform tersebut begitu banyak, dan tahun demi tahun semakin bertambah.


6. Mendirikan Agensi Pembuatan Konten


Bila memiliki modal memadai, Anda bisa mendirikan agensi khusus yang menyediakan layanan pembuatan konten. Anda bisa mempekerjakan beberapa orang, editor serta tenaga lain yang erat kaitannya dengan bidang ini.


Berikutnya, Anda dapat menerima pesanan konten dari sejumlah perusahaan atau pemilik usaha kecil yang memerlukannya. Jangan ditanya soal peluang, peluang dari usaha ini masih terbuka sangat lebar.


 Strategi Pemasaran Agar Bisnis Terus Lancar


 Ketika menjalankan sebuah bidang usaha, dan sudah menentukan bisnis yang akan dijalankan, bukan berarti tugas yang Anda miliki selain. Tugas berat yang berikutnya ada di depan adalah menawarkan produk atau jasa agar diminati konsumen.


 Bila kualitas produk maupun jasa yang Anda tawarkan baik, bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar serta menghasilkan keuntungan menggiurkan. Tetapi, bisnis berkualitas saja nyatanya tidak cukup jika tanpa ditunjang dengan pemasaran yang tepat.


Berikut strategi pemasaran mumpuni agar konsumen bisa mengenali produk maupun jasa yang Anda tawarkan, antara lain:

Berita Lainnya:
KCIC: Penumpang Whoosh Meningkat 30 Persen Selama Periode Lebaran 2024


 1. Selalu Fokus pada Bisnis


 Ketika menjalankan pemasaran, pastikan untuk fokus serta tidak bekerja dengan setengah-setengah. Sejumlah target perusahaan hanya bisa Anda capai dengan kinerja konsisten serta fokus.


 Bahkan, dari awal perencanaan Anda harus fokus. Sikap fokus akan lebih membantu untuk mengeksekusi rencana pemasaran, sehingga target penjualan yang Anda inginkan bisa dicapai.


 2.  Selesaikan Masalah Konsumen


 Biasanya, konsumen membeli produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Pastikan ketika memasarkan produk, Anda mengatakan dapat menyelesaikan masalah mereka. Contohnya, mereka membutuhkan konten marketing, katakan jika Anda dapat membuatnya lebih menarik dibandingkan dengan agensi lain.


Selain itu jika konsumen yang Anda bidik adalah pengusaha kecil, Anda bisa mengatakan jika harga yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau anggaran mereka. Sehingga ketika melihat promosi tersebut, masalah mereka seperti bisa terjawab dengan baik.


 3.   Berikan Solusi


 Ketika konsumen sedang mengeluh atau mengajukan komplain, jangan sampai mereka menunggu lama bahkan sampai viral dan menyebabkan bisnis hancur karena tidak memberikan tanggapan dengan cepat.


 Ketika konsumen mengeluarkan seluruh komplainnya, sesegera mungkin berikan solusi yang terbaik. Selain itu solusi yang diberikan jangan hanya bersikap normatif atau tanpa kejelasan, namun berikan solusi yang pasti.


 Baca juga: (tambahkan internal link di sini)


 Contohnya mereka memesan konten marketing, tetapi ternyata terdapat beberapa konten yang kurang menarik. Anda bisa mengkonfirmasi karyawan, kemudian meminta bukti pengiriman.


 Jika masalah tersebut disebabkan karena karyawan yang kurang teliti, Anda dapat segera mengganti dan meminta maaf. Sehingga, jangan menunggu konsumen marah dan memberikan kesan yang buruk pada bisnis Anda.


4. Jemput Bola


Hal yang dimaksud dengan jemput bola di sini adalah bukan hanya menunggu hasil umpan penjualan yang sudah Anda lempar. Namun, Anda juga harus aktif menjemput bola dibanding dengan menunggu hal yang belum pasti.


Anda bisa melakukan upaya pemasaran lain, atau mencoba metode baru dengan menggunakan media pemasaran yang belum dilakukan sebelumnya.


5.   Berikan yang Terbaik


Jika Anda ingin sukses menjalankan bisnis ini, pastikan selalu memberikan kepuasan pada konsumen. Anda harus memahami kebutuhan mereka dengan baik dan tepat, sehingga Anda dapat memenangkan hati mereka. 


Aktivitas pemasaran dapat menjadi semakin maksimal bila Anda menjalankan pemasaran sesuai dengan bisnis yang dilakukan. Selain itu pelajari dengan baik dan kuasai bisnis yang Anda bangun.


 


 

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi