Rabu, 24/04/2024 - 22:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

MBKM Universitas Syiah Kuala Unggul Resmi Diluncurkan

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH | – Sebagai wujud mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Universitas Syiah Kuala (USK) resmi meluncurkan program “MBKM USK Unggul”. Peluncuran tersebut berlangsung di AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Selasa (19/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Rektor USK, Profesor Marwan, menilai MBKM merupakan model pembelajaran yang efektif, mendorong mahasiswa untuk mampu menguasai berbagai keilmuan yang sesuai kebutuhan dunia kerja.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“USK bisa dikatakan, salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang merespon cepat pelaksanaan MBKM. Di mana kala itu, setelah pemerintah me-launching MBKM dan Dikti masih mensosialisasikan model pembelajaran baru ini, saat itu pula USK langsung menyusun panduan kurikulum untuk MBKM,” kata Profesor Marwan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Marwan menjelaskan, respon cepat USK ini terjadi karena momentumnya sangat tepat. Di mana saat itu USK baru saja melakukan perubahan kurikulum, yang terjadi setiap empat tahun sekali, yaitu perubahan kurikulum tahun 2016 ke tahun 2020. Lalu dengan hadirnya MBKM, maka saat itu pula USK langsung meng-attach model pembelajaran ini dalam kurikulum yang baru.

ADVERTISEMENTS

“Program MBKM USK Unggul yang kita launching hari ini, murni lahir dari USK, dan menjadi bukti keseriusan USK terkait penguatan upaya-upaya pelaksanaan MBKM di kampus ini,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Polda Aceh: Pemudik Harus Pastikan Kendaraan yang Digunakan Prima

Lahirnya MBKM USK unggul ini juga merupakan upaya USK untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) 2 universitas yang telah ditetapkan oleh Kementerian. Di mana poin IKU 2 tersebut adalah, persentase mahasiswa yang belajar di luar kampus, serta persentase mahasiswa yang berprestasi tingkat nasional/internasional.

Plt Ketua LP3M USK, Profesor Adlim, menerangkan setidaknya ada dua keunggulan dari program MBKM USK Unggul. Pertama, program ini memberikan kebebasan pada prodi untuk memilih program MBKM yang sesuai untuk ditawarkan ke mahasiswa.

Sebab, kata dia, prodi bisa merencanakan dan mengawasi kegiatan MBKM secara langsung. Kedua, program ini memberikan kemudahan prodi untuk mendata. Karena sejak awal sudah diketahui secara tepat, baik itu jumlah mahasiswa, siapa mahasiswanya, kegiatan MBKM yang diambil dan lainnya.

Bukti komitmen USK lainnya dalam merealisasikan MBKM adalah, perguruan tinggi ini telah mengalokasikan dana khusus untuk menstimulasi mahasiswa agar lebih bersamangat melaksanakan program MBKM. Dana tersebut digunakan untuk insentif mahasiswa dalam melakukan program MBKM.

Adapun jumlah insentif ini diberikan diberikan dalam dua bentuk. Pertama, insentif program individu mahasiswa dengan jumlah Rp 2 juta per mahasiswa. Kedua, insentif program kelompok dengan jumlah mahasiswa 6 orang per kelompok. Jumlah insentifnya sebesar Rp 10 juta per kelompok, yang tersedia untuk 54 program studi.

Berita Lainnya:
Dishub Aceh Ungkap Puncak Arus Mudik H-2 Lebaran

“Alhamdulillah, program insentif ini mendapatkan respon yang positif dari mahasiswa. Di mana saat ini, setidaknya sudah ada 2.747 mahasiswa yang menwp-signup.php dan siap melaksanakan program MBKM USK Unggul ini,” ungkap Adlim.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Perindustrian Kadin Aceh, Zakaria A Gani mengatakan, kehadiran program MBKM USK Unggul sangat tepat untuk menjawab kebutuhan zaman. Sebagai mitra MBKM USK Unggul, Kadin Aceh menyatakan dukungan penuh.

Menurutnya, MBKM USK Unggul merupakan program yang luar biasa. Dimana kampus bisa melahirkan lulusan dengan SDM andal dan sudah dididik sejak awal beradaptasi dengan dunia kerja, yang manfaatnya geliat dunia usaha, maupun masyarakat yang berdaya.

“Kita butuh kolaborasi dunia usaha dengan kampus. Masyarakat mengharapkan hasil penelitian kampus menjadi model yang bisa diterapkan di lapangan. Kadin Aceh pada prinsipnya sangat mendukung, bahkan kami akan memberikan beasiswa sebagai bentuk dukungan. Kami berharap program ini berkelanjutan. Ini semua karena kebutuhan lapangan, sekaligus upaya menumbuhkan jiwa enterpreneur, itu harapan kami dari kadin Aceh,” kata Zakaria.

Pada kesempatan yang sama, Plt Sekretaris Dirjen Pendidikan Tinggi, Profesor Tjitjik Sri Tjahjandarie, menyebutkan salah satu tujuan MBKM adalah meningkatkan mutu lulusan perguruan tinggi, yang siap bersaing di kancah dunia.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi