Jumat, 19/04/2024 - 17:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Target Jokowi Merehabilitasi 600 Ribu Hektare Mangrove Baru Terealisasi 10 Persen

ADVERTISEMENTS

Capaian rehabilitasi mangrove total sekitar 60 ribu hektare tahun 2021

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan rehabilitasi hutan mangrove seluas 600 ribu hektare hingga 2024. Capaiannya kini baru 10 persen. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Capaian rehabilitasi mangrove total sekitar 60 ribu hektare tahun 2021,” ungkap Deputi Pengelolaan Perubahan Iklim dan Kebencanaan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Kus Prisetiahadi dalam acara BRGM di Jakarta, Selasa (19/7/2022). 

ADVERTISEMENTS


Kus mengatakan, capaian rehabilitasi 60 ribu hektare itu merupakan hasil kerja sejumlah pihak seperti Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pihak swasta lewat dana CSR, dan masyarakat. Adapun Kemenko Marves hanya bertugas merangkum data hasil rehabilitasi mangrove oleh sejumlah pihak tersebut. 

Berita Lainnya:
Kunjungi Demak, Jokowi Tinjau Perbaikan Tanggul Jebol


Kendati sudah 60 ribu hektare hutan mangrove sudah direhabilitasi atau ditanam ulang, tapi tak semuanya berhasil. Deputi Bidang Perencanaan dan Evaluasi BRGM Satyawan Pudyatmoko mengatakan, dari 35 ribu hektare hutan mangrove yang direhabilitasi pihaknya, sebanyak 13.400 di antaranya sudah dilakukan monitoring dan evaluasi. 

Berita Lainnya:
Bertemu Tony Blair, Ini yang Dibahas Presiden Jokowi


“(Monitoring dan evaluasi menujukan) keberhasilan rehabilitasinya antara 70 sampai 80 persen. Sebanyak 20 persen gagal karena faktor alam,” kata Satyawan dalam kesempatan sama. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Masalah beratnya adalah (bibit mangrove) tidak tumbuh karena terkena abrasi air laut,” imbuhnya. 


Untuk diketahui, target Jokowi merehabilitasi 600 hektare hutan mangrove tertera dalam Peraturan Presiden Nomor 120 Tahun 2020 tentang Badan Restorasi Gambut dan Mangrove. Beleid itu ditandatangani Jokowi pada Desember 2020. Artinya, program rehabilitasi mangrove itu baru berjalan efektif tahun 2021.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi