Kamis, 18/04/2024 - 23:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Presiden Timor Leste: Lebih Mudah Masuk Surga Ketimbang Gabung ASEAN

ADVERTISEMENTS

Timor Leste telah menanti 10 tahun untuk dapat masuk ke keanggotaan ASEAN.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Timor Leste sejak 2011 berupaya untuk mencari jalan dan dukungan untuk bergabung menjadi rumpun keluarga Perserikatan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Presidennya, Jose Ramos Horta terus melakukan upaya diplomasi ke negara-negara anggota ASEAN termasuk Indonesia dan mitra ASEAN lainnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Namun secara pribadi, ia mencurahkan isi hatinya bahwa hal ini membuatnya cukup frustasi. Berbicara di Policy Speech yang dipandu oleh Dino Patti Djalal dari Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Ramos Horta mengatakan, bahwa sudah lebih dari 10 tahun negaranya menyatakan keinginan bergabung ke ASEAN, namun hingga kini belum ada kemajuan.

ADVERTISEMENTS


“Sebagai manusia, saya frustrasi, dan saya bertanya pada diri sendiri, sepertinya jalan menuju surga lebih mudah daripada gabung ASEAN,” kata Ramos Horta yang disambut tawa hangat para hadirin di Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Berita Lainnya:
Turki dan Israel Berbalas Ancaman Sanksi


Ia menuturkan betapa sulitnya untuk Timor Leste bergabung menjadi keluarga ASEAN, mengingat menurutnya wilayahnya sangat memungkinkan untuk terlibat di ASEAN. Ia pun mencari kesempatan besar untuk bergabung dengan kelompok di kawasan Asia Tenggara ketika Indonesia memimpin ASEAN pada 2023 mendatang.  


“Tentu, Indonesia seperti negara lain sangat mendukung kami untuk bergabung dengan ASEAN. Kami tidak jauh dari Asia Tenggara dan tidak tergabung dengan organisasi kawasan manapun,” tuturnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Ia mengeluh bahwa dalam 10 tahun terakhir Timor Leste berjuang untuk bergabung dengan ASEAN. Namun masih belum ada izin bagi negara yang menggunakan bahasa Tetun dan Portugis itu.


Presiden Ramos Horta juga menyampaikan hal senada dalam kunjungan resmi kepada Presiden RI Joko Widodo kematin. “Timor Leste sebagai bagian dari Asia Tenggara telah memenuhi banyak persyaratan yang diperlukan untuk ekonomi dan demokrasi yang berfungsi sehingga akan menjadi anggota ASEAN yang produktif,” katanya.

Berita Lainnya:
Xi Jinping: Tidak Ada yang Bisa Hentikan 'Reuni Keluarga' dengan Taiwan


Menanggapi hal ini, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Teuku Faizasyah mengatakan, Indonesia secara pasti mendukung dan memberikan support bergabungnya Timor Leste menjadi anggota ASEAN. Pada keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 prioritas Indonesia adalah meyakinkan negara-negara anggota ASEAN lainnya untuk dpt menerima Timor Leste sebagai anggota baru ASEAN.


“Memang ini adalah bagian dari diplomasi yang terus Indonesia canangkan. Yang kita coba jalani sekarang adalah dari sisi hubungan bilateral, RI memberikan bantuan berbagai kapasitas untuk memastikan kesiapan di Timor Leste pada waktunya nanti mereka diterima sebagai anggota ASEAN, tapi kita blm bisa memprediksi,” ujar Faizasyah dalam press briefing pekanan secara virtual, Kamis.


Ramos Horta, peraih Nobel Perdamaian juga mengharapkan hubungan perdagangan yang lebih meningkat dengan Indonesia. Ia juga menyambut baik komitmen RI untuk Timor Leste bisa bergabung dengan ASEAN yang terdiri dari 10 negara.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi