Selasa, 16/04/2024 - 15:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Cacar Monyet Jadi Darurat Kesehatan Global, Siapa yang Paling Berisiko?

ADVERTISEMENTS

Cacar monyet bisa menyebar pada siapa saja yang melakukan kontak erat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan wabah cacar monyet yang saat ini sedang menyebar secara cepat sebagai “darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional” atau PHEIC. Ini merupakan tingkat peringatan tertinggi dari WHO.

ADVERTISEMENTS

Status PHEIC dirancang untuk mendorong lahirnya respons internasional yang terkoordinasi terhadap suatu wabah, dalam hal ini cacar monyet. Status PHEIC juga diharapkan dapat membuka peluang pendanaan untuk upaya kolaborasi dalam berbagi vaksin dan pengobatan.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

“Walaupun saya mendeklarasikan PHEIC, untuk sekarang, ini adalah wabah yang terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seksual dengan sesama pria, terutama orang-orang yang memiliki lebih dari satu pasangan seksual,” jelas Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dilansir Reuters, Ahad (24/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Perlindungan dari Vaksin Terpantau Memudar, Cacar Monyet Terus Menyebar

Meski lebih banyak ditemukan pada kelompok tertentu, Ghebreyesus mengungkapkan bahwa cacar monyet bisa menyebar pada siapa saja yang melakukan kontak erat. Berkaitan dengan hal ini, Ghebreyesus mengatakan risiko penularan cacar monyet di dunia berada pada tingkat sedang, kecuali di Eropa, di mana risiko penularan tinggi.

“Respons internasional yang terkoordinasi merupakan hal esensial (untuk menekan penyebaran penyakit),” jelas direktur kesiapan pandemi Gedung Putih, Raj Panjabi.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Keputusan Ghebreyesus untuk menetapkan status PHEIC untuk wabah cacar monyet terbilang di luar prediksi. Sebelumnya, beberapa sumber menyatakan bahwa Ghebreyesus mungkin tak akan menetapkan status ini untuk wabah cacar monyet mengingat masih terbatasnya pasokan vaksin dan pengobatan untuk cacar monyet.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Meski begitu, banyak ahli yang menyambut baik deklarasi PHEIC ini. Banyak ahli menilai deklarasi ini akan membantu menekan penyebaran cacar monyet di berbagai belahan dunia.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Polisi Amankan 11 Penjual Miras Banda Aceh

“Kita tak bisa terus menunggu penyakit ini berkembang dulu sebelum kita mengintervensi,” jelas kepala epidemi dan epidemiologi dari Wellcome Trust, Josie Golding.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Deklarasi ini juga diharapkan dapat membantu melindungi kelompok-kelompok berisiko yang rentan tertular oleh cacar monyet, seperti anak kecil. Pada Jumat lalu, Amerika Serikat menemukan dua kasus cacar monyet pertama yang mengenai anak-anak.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sepanjang tahun ini, ada lebih dari 16 ribu kasus cacar monyet yang terdeteksi di dunia, dengan lima kasus kematian. Seluruh kasus ini ditemukan di lebih dari 75 negara. Pejabat WHO menilai wabah cacar monyet yang terjadi saat ini didorong oleh mode transmisi yang berbeda dari sebelumnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi