Sabtu, 20/04/2024 - 13:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Mulai 2024, Kendaraan Listrik Diperkirakan Bisa Mulai Pakai Baterai Lokal

ADVERTISEMENTS

Penggunaan baterai dalam negeri pada 2024 bisa mendorong rasio konten lokal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA–Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) tengah mendorong pasar kendaraan listrik lewat pameran mobil listrik bernama Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS). Ajang yang baru pertama kali digelar ini pun jadi momentum bagi sejumlah produsen kendaraan lstrik atau electric vehicle (EV) untuk unjuk gigi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Selain diramaikan oleh pabrikan global, pameran yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta ini juga diramaikan oleh beberapa brand dalam negeri. Salah satu pabrikan EV lokal yang ikut berkontribusi adalah Rakata.

ADVERTISEMENTS

General Manager Rakata Motor, Djovani mengatakan, Rakata merupakan brand sepeda motor listrik yang memiliki visi dan misi untuk menghadirkan produk 100 persen Indonesia. “Semangat itu pun tercermin dari nama Rakata yang merupakan singkatan dari rancangan kendaraan Tanah Air,” kata Djovani saat dijumpai disela PEVS.

Berita Lainnya:
Mitsubishi Beri Bocoran Rencana Bawa Xpander Hybrid ke Indonesia

Rakata berkomitmen untuk melakukan seluruh proses produksi di dalam negeri. Tapi, komitmen itu dilakukan secara bertahap mengingat saat ini Indonesia belum bisa memproduksi beberapa komponen seperti baterai dan dinamo. Menurutnya, pabrikan EV bisa mulai menggunakan baterai dalam negeri pada 2024 sehingga hal itu bisa mendorong rasio local content secara signifikan.

“Seluruh produk kami dirakit di Tangerang, Banten. Saat ini tingkat local content-nya sekitar 35 persen dan jumlah itu akan terus ditingkatkan,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Siap Saingi Tesla, Ini Tampilan Sekilas BMW SUV Listrik Terbaru

Selain bisa mendorong rasio local content, tentu penggunaan baterai dalam negeri juga bisa semakin menekan harga EV. Menurutnya, hal itu diyakini bisa membuat EV makin diminati oleh masyarakat apalagi saat ini harga bahan bakar minyak (BBM) terus meningkat.

Keyakinan itu pun membuat Rakata percaya diri memasarkan motor listrik dalam berbagai segmen mulai dari segmen skuter mini, skuter maxi hingga motor sport. Rakata pun menjadikan momen PEVS untuk meluncurkan dua produk baru yakni Rakata NX8 dan NX3.

Rakata NX8 merupakan motor listrik bergaya naked bike dengan daya jelajah 100 kilometer. Sedangkan NX3 merupakan motor listrik bergaya skuter maxi dengan daya jelajah 80 kilometer. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi