Jumat, 19/04/2024 - 10:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Mengapa Sebagian Orang Alami Gejala Lebih Berat Akibat Omicron?

ADVERTISEMENTS

Infeksi omicron cenderung lebih ringan dibandingkan delta.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Omicron digadang sebagai varian Covid-19 yang lebih ringan dibandingkan dengan delta. Akan tetapi, sebagian orang mengeluhkan gejala yang cukup berat ketika terinfeksi oleh omicron.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Profesor Dale Fisher dari Yong Loo Lin School of Medicine mengungkapkan bahwa varian omicron cenderung memunculkan gejala yang berkaitan dengan saluran pernapasan atas. Beberapa di antaranya adalah hidung beringus, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan.

ADVERTISEMENTS

“Ini lebih banyak ditemukan di omicron dibandingkan di delta,” jelas Profesor Fisher, seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (26/7/2022).

Di sisi lain, varian delta lebih sering memunculkan gejala yang berkaitan dengan saluran pernapasan bawah. Beberapa di antaranya adalah demam, batuk, dan sesak napas. Kehilangan indra penciuman dan pengecap juga lebih umum ditemukan pada kasus varian delta dibandingkan omicron.

Berita Lainnya:
Buka Musrenbang RPJP, Reza Fahlevi: 3 Sektor Jadi Penggerak Penting Perekonomian Sabang


 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Berkaitan dengan gejala-gejala ini, Profesor Fisher mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankannya. Sebagian di antara cara tersebut adalah istirahat, penggunaan parasetamol sesuai keluhan, dan menjaga kecukupan cairan.

“Tentu, tetap waspadai tanda penurunan kondisi, terutama pneumonia, dan lakukan semua hal yang diperlukan untuk mencegah (penyebaran virus) kepada orang lain,” jelas Profesor Fisher.

Spesialis penyakit menular dari Farrer Park Medical Centre Dr Nicholas Chew mengungkapkan, omicron dianggap sebagai varian yang lebih ringan karena gejala-gejala yang ditimbulkan cenderung tidak berkembang menjadi sesuatu yang mengancam jiwa. Pada kasus delta, misalnya, seorang individu dengan faktor risiko tertentu bisa mengalami demam tinggi, kesulitan bernapas, atau perlu mendapatkan perawatan ICU.

Berita Lainnya:
Warga Jepang Tuntut Pemerintah Terkait Efek Samping Vaksin Covid-19

“Tapi dalam kasus omicron, banyak individu dengan faktor risiko yang sama, tidak mengalami komplikasi berat seperti membutuhkan oksigen atau perawatan ICU,” ujar Dr Chew.

Namun, dengan begitu banyaknya orang yang terinfeksi varian omicron, akan ada sejumlah orang yang mengalami sakit berat atau gejala yang sangat signifikan. Perbedaan kondisi yang dialami pasien ketika terpapar varian omicron ini bisa dipengaruhi oleh beragam faktor.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi