Rusia Kembali Serang Kota Pelabuhan Ukraina

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Pasukan Rusia menyerang infrastruktur pelabuhan kota yang terletak di Ukraina selatan

ADVERTISEMENTS

KIEV — Wali Kota Mykolaiv Oleksandr Senkevich mengatakan pasukan Rusia menyerang infrastruktur pelabuhan kota yang terletak di Ukraina selatan. Seperti serangan ke kota pelabuhan sebelumnya, serangan itu juga menggunakan rudal masif.

ADVERTISEMENTS

“Serangan rudal masif diluncurkan di selatan Ukraina dari arah Laut Tengah dan dengan menggunakan penerbangan,” katanya pada stasiun televisi pemerintah Ukraina, Selasa (26/7/2022).

ADVERTISEMENTS

Senkevich tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang serangan tersebut. Pada Sabtu (24/7/2022) lalu Rusia juga menembak kota pelabuhan Odesa. Serangan ini memicu keraguan dimulainya kembali ekspor gandum Ukraina.

ADVERTISEMENTS

Rusia, Ukraina, PBB dan Turki menandatangani kesepakatan pada Jumat (22/7/2022) untuk membuka kembali tiga pelabuhan Ukraina di Laut Hitam. Tiga pelabuhan itu akan menjadi koridor ekspor biji-bijian Ukraina.

ADVERTISEMENTS

Kesepakatan itu berlaku selama 120 hari. Sedangkan target ekspor setiap bulannya mencapai 5 juta ton.

ADVERTISEMENTS

Namun harga gandum naik drastis di pasar global, Senin (26/7/2022). Harga gandum berjangka di Chicago Board of Trade Wv1 naik hampir 4 persen menjadi 7,86 dolar AS per bushel pada Senin. Kenaikan terjadi setelah sempat turun 6 persen, usai penandatanganan kesepakatan gandum diumumkan.

ADVERTISEMENTS


sumber : Reuters

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version