Kamis, 25/04/2024 - 16:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

WHO Yakin Penyebaran Cacar Monyet Bisa Dihentikan

ADVERTISEMENTS

WHO yakin wabah monkeypox atau cacar monyet bisa dihentikan

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JENEWA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakin wabah monkeypox atau cacar monyet yang kini sudah menyebar ke puluhan negara bisa dihentikan. Hal itu dapat dilakukan dengan penerapan strategi tepat dan kerja sama antar para pihak.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Saat ini kami masih percaya bahwa wabah cacar monyet ini dapat dihentikan dengan strategi yang tepat dalam kelompok yang tepat. Namun waktu terus berjalan dan kita semua harus bekerja sama untuk mewujudkannya,” kata pemimpin teknis WHO untuk penanganan cacar monyet, Rosamund Lewis, kepada awak media, Selasa (26/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Empat Orang Syahid dalam Serangan Udara Israel ke Rumah Sakit Al-Aqsa 

Dia menjelaskan, sekarang WHO masih bekerja untuk menentukan mekanisme koordinasi global guna menekan dan menghentikan penyebaran cacar monyet. “Saat ini, hal itu adalah sesuatu yang masih dalam diskusi,” ucap Lewis.

ADVERTISEMENTS

Akhir pekan lalu WHO telah menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Hingga status itu diumumkan, WHO sudah mengonfirmasi setidaknya 16 ribu kasus penyakit tersebut di lebih dari 75 negara. “Meskipun saya menyatakan PHEIC, untuk saat ini wabah (cacar monyet) terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, terutama mereka yang memiliki banyak pasangan seksual,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Sabtu (23/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Hizbullah Ngamuk usai Israel Bunuh 7 Paramedis, Brigade 769 Langsung Dibombardir Puluhan Roket

Sudah muncul dugaan bahwa hubungan homoseksual menjadi pemicu utama penyebaran cacar monyet di Eropa dan Amerika. Sebelumnya penyakit tersebut hanya endemic di Afrika. Ghebreyesus menjelaskan, kendati telah dinyatakan sebagai PHEIC, risiko wabah cacar monyet moderat secara global, kecuali di Eropa.

Menurut Ghebreyesus, risiko penyebaran atau penularan penyakit cacar monyet tinggi di Benua Biru. Saat ini, sejumlah negara Eropa sudah mulai meluncurkan vaksinasi untuk mencegah perluasan infeksi penyakit tersebut.


sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi