Rabu, 24/04/2024 - 06:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Gempa Filipina Telan Empat Korban Jiwa dan 60 Terluka

ADVERTISEMENTS

Gempa kuat yang melanda pulau Luzon telah menewaskan empat orang dan melukai 60 orang

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

MANILA – Menteri Dalam Negeri Filipina Benjamin Abalos mengatakan pada Rabu (27/7/2022), bahwa gempa kuat yang melanda pulau Luzon telah menewaskan empat orang dan melukai 60 orang lainnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Dua orang tewas di provinsi Benguet, satu di provinsi Abra, dan satu lagi di provinsi lain,” kata Menteri Dalam Negeri Benjamin Abalos dalam konferensi pers yang disiarkan televisi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Para pejabat mengatakan, seorang penduduk desa meninggal ketika dia terkena lempengan semen yang jatuh di rumahnya di Abra. Di wilayah itu setidaknya 25 lainnya terluka dan sebagian besar dirawat di rumah sakit.

ADVERTISEMENTS

Seorang pekerja konstruksi tertimpa puing-puing dan meninggal di kota pegunungan La Trinidad yang tumbuh stroberi di provinsi Benguet, di mana beberapa jalan ditutup oleh tanah longsor dan batu-batu besar. Lima orang terluka ketika batu dan puing menghantam SUV mereka dan sebuah truk di jalan lereng bukit di Provinsi Pegunungan dekat Benguet.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Iran-Israel Berbalas Serangan, Uni Eropa Sebut ada Sinyal Deeskalasi

Gempa berkekuatan 7,1 SR mengguncang pulau Luzon di Filipina pada Rabu (27/7/2022). Getaran kuat terasa di banyak daerah termasuk di ibu kota Manila. pusat gempa berada sekitar 11 km timur-tenggara kota Dolores di provinsi Abra.

Kementerian Transportasi Filipina menyatakan, gempa terasa kuat di Manila. Sistem kereta bawah tanah kota itu telah dihentikan pada jam-jam sibuk setelah gempa. Gedung senat di ibu kota juga dievakuasi.

Direktur badan seismologi Filipina Renato Solidum mengatakan kepada stasiun radio DZMM, bahwa gempa tersebut dapat menyebabkan kerusakan di Abra, tetapi tidak terlihat kerusakan di Manila. “Di ibu kota tidak merusak. Saya kira tidak berpengaruh pada struktur tapi bagus untuk memeriksa fasilitas vital seperti MRT,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Israel Perpanjang Masa Penahanan Adik Pimpinan Hamas

Filipina secara teratur diguncang gempa karena lokasinya di “Cincin Api” Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang dari Jepang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik. Gempa Rabu adalah yang terkuat yang tercatat di Filipina dalam beberapa tahun.

Pada Oktober 2013, gempa berkekuatan 7,1 melanda Pulau Bohol di Filipina tengah yang menewaskan lebih dari 200 orang dan memicu tanah longsor. Gereja-gereja tua di tempat kelahiran Katolik di Filipina rusak parah. Hampir 400.000 orang mengungsi dan puluhan ribu rumah rusak.

Gempa kuat mengubah lanskap pulau dan pecahan tanah mendorong hamparan tanah hingga tiga meter dan menciptakan dinding batu di atas pusat gempa. Pada 1990, gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter di Filipina utara menciptakan retakan tanah yang membentang lebih dari seratus kilometer.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi