Rabu, 24/04/2024 - 19:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Menkes Segera Kirim Reagen Cacar Monyet ke BBLK Palembang

ADVERTISEMENTS

Menkes memastikan secara langsung kesiapan sarana dan prasarana di BBLK Palembang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

SUMATRA SELATAN — Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyebutkan segera mengirimkan cairan pendeteksi atau reagen cacar monyet ke seluruh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) di Indonesia, termasuk Kota Palembang, Sumatera Selatan. Budi mengatakan, pengiriman reagen tersebut segera dilakukan kementerian kesehatan setelah dirinya memastikan secara langsung kesiapan sarana dan prasarana di BBLK Palembang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“Kami cek kesiapan di sini (BBLK Palembang), ternyata sudah siap alatnya pun sudah lengkap jadi tinggal kirim barangnya saja (reagen),” kata Budi saat meninjau pelaksanaan pelayanan kesehatan di BBLK Palembang, Rabu (27/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Menurutnya, tujuan pengiriman reagen tersebut supaya pelaksanaan pemeriksaan sampel pasien terindikasi cacar monyet di laboratorium kesehatan di tingkat daerah bisa berlangsung cepat dan optimal. Sejauh ini, pemeriksaan itu masih terpusat di Jakarta.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Perlindungan dari Vaksin Terpantau Memudar, Cacar Monyet Terus Menyebar


Di mana, sementara ini Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan sebanyak 1.500 buah reagen yang pengirimannya dilakukan dalam waktu dekat secara bertahap mencakup ke seluruh laboratorium kesehatan di Indonesia. Dari situ, kata dia, penyebaran penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus bernama monkeyfox saat ini tengah mewabah di banyak negara tidak masuk ke Indonesia karena dimitigasi secara maksimal.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Memang sebelumnya pernah ada 9 kasus yang diduga terjangkit, namun setelah dites, hasilnya negatif. Tapi mitigasi adalah nomor satu. Kemudian surveilansnya juga mesti bagus,” kata dia.


Kementerian Kesehatan dalam waktu dekat juga akan mendatangkan sebanyak seribu obat cacar monyet yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan seribu pasien. Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Trisnawarman mengatakan, belum ada kasus pasien terjangkit cacar monyet di 17 kabupaten/kota.

Berita Lainnya:
Parpol di Luar KIM akan 'Balas Dendam' di Pilkada Jakarta


Kendati demikian, ia mengimbau, bagi masyarakat yang memiliki gejala diharapkan untuk segera memeriksakan diri ke setiap fasilitas layanan kesehatan. “Upaya pencegahan dan antisipasi sudah kami lakukan secara masif mulai dari sosialisasi, kesiapan sarana prasarana, jika ada gejala di masyarakat, tenaga kesehatan kami akan segera menindaklanjutinya,” kata dia.


Di mana, gejala tersebut misalnya seperti merasakan demam, badan meriang, keluar bercak-bercak di tubuh. “Nah cairan yang keluar dari bercak ini harus dites, diambil sampelnya. Jika positif, maka harus diisolasi dan ditangani. Dua sampai empat pekan bisa sembuh,” kata dia.


sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi