Jumat, 26/04/2024 - 06:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Bharada E Ditarik dan dalam Perlindungan Mako Brimob, Ada Apa?

ADVERTISEMENTS

LPSK juga saat ini kesulitan menemui Istri Ferdy Sambo.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu (Bharada E), dikabarkan ditarik kedinasannya dari Divisi Propam Polri ke induk satunnya ke Mako Brimob. Penarikan penugasan tersebut buntut dari proses pengungkapan dan penyelidikan maupun penyidikan adu-tembak mematikan yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yosua (J) di rumah dinas eks Kadiv Propam Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Kabar tentang penarikan Bharada E ke Mako Brimob tersebut diketahui lewat surat yang disampaikan Mako Brimob kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo menyampaikan, tim dari LPSK pada Rabu (27/7/2022) berencana melanjutkan tahapan prosedural program perlindungan terhadap pemohon Bharada E dan Putri Candrawathi Sambo, isteri dari Irjen Sambo.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Truk Tabrak Tiga Kendaraan di Jalan Transyogi Cibubur-Bogor


Hasto mengatakan, perindungan itu berupa permintaan keterangan kronologis secara langsung dan juga asesmen psikologis. “Itu bagian dari tahapan penyelidikan dan investigasi internal untuk program LPSK terhadap dua pemohon ini (Bharada E, dan Putri) yang harus dilakukan,” ujar Hasto kepada dikutp HARIANACEH.co.id, Jumat (29/7/2022).

ADVERTISEMENTS


Akan tetapi, Hasto mengatakan, rencana pada Rabu (27/7/2022) itu batal dilakukan. LPSK tak dapat menemui Bharada E. Pun tak dapat melakukan wawancara terhadap Putri Sambo.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Sampai hari (Jumat) ini, kami tidak dapat bertemu dengan pemohon Bharada E. Belakangan (27/7/2022), kami mendapatkan surat dari Mako Brimob, dan penjelasan langsung kepada LPSK, yang bersangkutan (Bharada E) ditarik ke Mako Brimob,” ujar Hasto.


Dari Mako Brimob, Hasto menjelaskan, posisi Bharada E terkait kasus ini dalam proteksi penuh dari kesatuannya di Mako Brimob. “Alasan pastinya (penarikan) kami (LPSK) tidak tahu apa. Tetapi, disampaikan kepada kami, pemohon Bharada E saat ini ditarik ke Mako Brimob dan dalam perlindungan di Mako Brimob,” ujar Hasto.

Berita Lainnya:
Polda Metro Jaya Siagakan Tujuh Ribu Personel Amankan Sidang Putusan MK


Meskipun batal meminta keterangan langsung kepada Bharada E, Hasto mengaku tetap membalas penjelasan dari Mako Brimob untuk dapat bertemu tatap muka dengan Bharada E, sebagai pemohon proteksi LPSK. “Kami titipkan surat pribadi kepada Mako Brimob untuk Bharada E. Tetapi, sampai hari ini juga tidak ada respons,” ujar Hasto.


Sementara terkait keberadaan Putri Sambo pun sama. Kata Hasto, Putri Sambo sebagai pemohon proteksi LPSK belum memenuhi proses tahapan untuk dapat ditanyai langsung atas peristiwa yang terjadi.


Mencari Putri Sambo…


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi