Jumat, 19/04/2024 - 17:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Ilmuwan Genetik Kuno Ungkap Virus Herpes Sudah Ada Sejak 5.300 Tahun Silam

ADVERTISEMENTS

Ilmuwan melacak virus herpes muncul pertama kali 5.300 tahun silam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Para ilmuwan studi genetik kuno telah melacak asal mula virus cold sore atau herpes sejak ribuan tahun yang lalu. Bagi orang-orang yang biasa mengalami sariawan, virus itu mungkin bisa bersama mereka seumur hidup.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Cold sores dapat berupa lepuhan-lepuhan kecil di sekitar mulut, muka, atau hidung. Penyebabnya virus herpes simplex tipe 1 (HSV-1).

ADVERTISEMENTS


Akan tetapi sebenarnya sudah berapa lama virus itu ada pada kehidupan manusia? Para ilmuwan dari Cambridge kini telah mengurutkan genom virus herpes wajah, termasuk sampel yang diambil dari beberapa sisa-sisa manusia purba. Peneliti menemukan bahwa virus itu muncul beberapa ribu tahun yang lalu.


Virus herpes simpleks 1 (HSV-1) adalah salah satu virus paling umum yang menyerang manusia, dengan sebanyak dua pertiga dari populasi terinfeksi. Sebagian besar waktu itu tidak mengganggu inangnya, tetapi kadang-kadang akan muncul sebagai benjolan bengkak di bibir, yang bisa menular.

Berita Lainnya:
Pawai Mobil Hias dan “Khanduri Peutamat Daroih” Semarakkan Aceh Ramadhan Festival


Kapan virus umum seperti itu pertama kali muncul? Untuk mengetahuinya, tim menyaring sampel DNA virus dari individu purba yang terinfeksi, dan membandingkannya dengan sampel yang lebih modern. Menariknya, para peneliti hanya menemukan empat contoh HSV-1 di antara 3 ribu temuan arkeologis yang mereka periksa.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Kategori yang tertua adalah seorang pria dewasa berusia 1.500 tahun dari Pegunungan Ural, diikuti oleh seorang wanita Anglo-Saxon dari abad ke-6 atau ke-7. Berikutnya adalah seorang pemuda dari sekitar 700 tahun yang lalu di Inggris, dan akhirnya seorang pria lain di Belanda yang tampaknya meninggal pada tahun 1672.


“Dengan membandingkan DNA purba dan sampel herpes dari abad ke-20, kami dapat menganalisis perbedaan dan memperkirakan tingkat mutasi, dan akibatnya garis waktu untuk evolusi virus,” kata Dr Lucy van Dorp, salah satu penulis utama studi tersebut, seperti dikutip dari laman New Atlas, Jumat (29/7/2022).


Para peneliti melacak bahwa strain HSV-1 saat ini muncul pada manusia sekitar 5.300 tahun yang lalu. Persis mengapa hal itu lepas landas tidak dapat dikonfirmasi, tetapi tim mencurigai bahwa itu mungkin terkait dengan mode baru yang panas dan diperkirakan telah dimulai sekitar waktu yang sama, seperti melalui berciuman.

Berita Lainnya:
Danlanud dan Pj Bupati Aceh Besar Gelar Bazar Pangan Murah


“Setiap spesies primata memiliki bentuk herpes, jadi kami berasumsi bahwa penyakit itu telah ada sejak spesies kami sendiri meninggalkan Afrika,” kata Dr Christiana Scheib, salah satu penulis senior studi tersebut. 


Namun, sesuatu terjadi sekitar lima ribu tahun yang lalu, memungkinkan satu jenis herpes menyalip yang lain, mungkin peningkatan penularan, yang bisa dikaitkan dengan berciuman. Studi baru ini mendorong data genetik pada virus herpes kembali lebih jauh dari yang diketahui sebelumnya, hanya sekitar 100 tahun. 


Tim mengatakan bahwa langkah selanjutnya adalah melacak asal-usul virus lebih jauh, termasuk hominin lain seperti Neanderthal. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Science Advances.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi