Kamis, 25/04/2024 - 21:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

BPS Catat Minyak Goreng Sumbang Deflasi Tiga Bulan Berturut-Turut

ADVERTISEMENTS

Ini indikasi upaya pemerintah menjaga harga minyak goreng sudah memberikan dampak.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan, harga minyak goreng telah memberikan andil deflasi sebesar 0,07 persen secara bulanan atau month to month (mtm) pada Juli 2022. Sumbangan deflasi oleh minyak goreng terjadi selama tiga bulan berturut-turut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Ini memberikan indikasi bahwa upaya pemerintah menjaga harga minyak goreng sudah memberikan dampak pada deflasi tiga bulan secara beruntun,” kata Kepala BPS, Margo Yuwono dalam konferensi pers, Senin (1/8/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Margo mengatakan, terjadinya deflasi yang dipicu oleh harga minyak goreng menjadi bukti hasil dari kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam mengendalikan harga minyak goreng. Sebab, rata-rata harga minyak goreng, menurut pemantauan BPS telah menunjukkan tren penurunan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Pengamat: Keterangan Airlangga Soal Bansos Sangat Logis

Penurunan harga minyak goreng curah tercatat lebih dalam dari penurunan harga minyak goreng kemasan. Tercatat pada Juli, rata-rata harga minyak goreng curah sebesar Rp 15 ribu per kg, turun dari bulan sebelumnya Rp 16.900 per kg.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Adapun untuk harga minyak goreng kemasan sebesar Rp 21.600 per liter, turun dari Juni yang sebesar Rp 22,3 ribu per liter.

Margo mengatakan, meskipun minyak goreng telah menyumbang deflasi, namun dilihat secara tahunan minyak goreng masih memberikan andil inflasi sebesar 0,29 persen.

Berita Lainnya:
Muamalat tak Kunjung Melantai di Bursa, BPKH Ungkap Ada Arahan Khusus dari BEI

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, dalam kesempatan terpisah menyatakan, harga minyak goreng curah mulai mengalami penurunan hingga menyentuh Rp 14 ribu per liter sesuai HET pemerintah.

Penurunan harga terutama terjadi di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan sebagian Sulawesi. Ia mengaku, harga minyak goreng curah di wilayah Timur Indonesia masih cukup tinggi hingga di atas Rp 20 ribu. Pemerintah pun akan mengupayakan penurunan harga lewat program minyak goreng curah kemasan atau Minyakita.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi