IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Penderita Cacar Monyet Dapat Alami Komplikasi Berat Hingga Kematian

Foto yang dipasok CDC pada 1997 memperlihatkan kulit lengan kanan dan dada seorang pasien ditumbuhi lesi cacar monyet. Selama lesi masih ada, pasien cacar monyet masih bisa menularkan penyakitnya.

Cacar monyet bisa menyebabkan komplikasi berat pada penderitanya.

JAKARTA — Langkah pencegahan penularan cacar monyet penting untuk dilakukan. Terlebih, infeksi virus monkeypox dapat memicu komplikasi berat hingga kematian.


“Meskipun cacar monyet ini dikatakan ringan, tapi komplikasinya bisa kemana-mana,” ujar perwakilan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit Indonesia (Perdoski), Prasetyadi Mawardi, dalam konferensi pers daring yang diikuti di Jakarta, Selasa (2/8/2022).


Menurut Prasetyadi, penyakit tersebut bisa menjadi lebih serius bagi sebagian orang dan berpotensi mengakibatkan kematian. Ia mengemukakan komplikasi awal cacar monyet terjadi pada kulit, yaitu terjadinya infeksi sekunder pada kulit sehingga menyebabkan ruam.


Infeksi cacar monyet dapat berlanjut dan menyebabkan komplikasi pada bagian tubuh lain. Cacar monyet dapat berujung pada radang paru (pneumonia).


“Kemudian bisa masuk ke otak, bisa ensefalitis (radang otak) dan berlanjut tingkat keparahannya sampai meninggal,” tuturnya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Penderita Cacar Monyet Dapat Alami Komplikasi Berat Hingga Kematian
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!