IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Partai dan Koalisi Didorong Deklarasi Dini Capres 2024

 Survei: PDIP-Gerindra Unggul, Golkar Turun ke Lima Besar. Foto:  Bendera partai politik (ilustrasi)
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Deklarasi dini capres sejak awal dinilai positif.

JAKARTA —  Gerindra dan PKB  berencana menggelar deklarasi bersama dalam membangun koalisi untuk Pemilu 2024. Peneliti BRIN, Wasisto Rahardjo Jati mendukung partai politik deklarasi sejak dini. 


Hal itu menurut dia, berdampak positif bagi parpol maupun masyarakat.


“Deklarasi dini secara positif berdampak pada penguatan soliditas dan solidaritas internal. Dimana semakin awal suatu partai deklarasi, maka semakin percaya diri dan optimis para kadernya untuk berkompetisi,” jelas Wasisto saat dihubungi, Rabu (3/8/2022).

BACA JUGA:
Darurat Kekerasan Seksual, Relawan Perempuan dan Anak Resmi Dibentuk


Wasis menilai, deklarasi dini juga bagian dari alat gertak politik. Khususnya untuk kompetitor lainnya yang masih belum punya pasangan kandidat definitif.


Sementara untuk dampak buruknya dari deklarasi sejak dini ini, Wasis menilai, tergantung pada kualitas dan kandidat yang akan diusung nantinya.


“Dampak negatif dari deklarasi dini adalah rentannya sosok tersebut menjadi sasaran perundungan di ruang publik terlebih soal rekam jejak politiknya. Potensi ‘kampanye hitam’ ini yang masih menjadi momok dalam nominasi di Indonesia,” kata Wasisto.

BACA JUGA:
Pengamat: Kinerja Tata Kelola dan Penegakan Hukum Erick di BUMN Pantas Dinilai 'A'


Wasis juga menyarankan, para parpol koalisi segera melakukan deklarasi capres dan cawapres. Termasuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan PDIP.  


“Baik PDIP maupun KIB, sebaiknya punya sikap politik tersendiri untuk soal nominasi dan deklarasi pasangan kandidat,” ujar dia.


Pada dasarnya, jelas dia, deklarasi dini penting dilakukan untuk mengangkat calon populer. “Itu adalah upaya untuk menaikkan potensi elektabilitas partai/koalisi yang bersangkutan,” kata dia.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Partai dan Koalisi Didorong Deklarasi Dini Capres 2024
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!