IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Jadi Sebenarnya, Cacar Monyet Sudah Masuk Indonesia atau Belum?

Kontak Erat Jadi Sumber Utama Penularan Cacar Monyet, Termasuk Melalui ASI

IDI menilai cacar monyet sudah masuk Indonesia hanya saja belum terdiagnosis.

oleh Bowo Pribadi, Dian Fath Risalah, Antara


Hasil PCR seorang pasien yang sebelumnya berstatus suspek terinfeksi penyakit cacar monyet (Monkeypox) di Jawa Tengah telah diketahui. Pasien yang bersangkutan dinyatakan negatif.


Ihwal hasil pemeriksaan PCR pada pasien yang dicurigai cacar monyet di Jawa Tengah disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.


“Saya sudah mendapatkan kabar dan hasil pemeriksaan PCR terhadap pasien tersebut negatif Monkeypox,” ungkapnya, Kamis (4/8/2022).   


Ganjar tetap mengingatkan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan kesehatan di daerahnya agar tetap meningkatkan kewaspadaan. Setiap kasus (pasien) yang memiliki gejala-gejala mirip dengan cacar monyet agar segera memeriksakan diri.


”Karena itu langkah yang paling penting untuk mencegah penyakit cacar monyet ini,” tegasnya.


Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan adanya satu pasien suspek cacar monyet di Pati, Jawa Tengah, yang sedang dipastikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Budi mengatakan, pasien yang mengalami gejala demam sejak 19 Juli dan mengalami bintik-bintik ini kemudian dilakukan genome sequencing untuk memastikan apakah terkonfirmasi cacar monyet atau tidak.


“Itu sudah diambil spesimennya di tanggal 29 Juli. Sekarang sedang di genome sequencing di kita di Kemenkes,” kata Budi saat ditemui di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (4/8).


Budi mengatakan, hasil akan akan keluar dalam beberapa ke depan.


“Saya rasa harusnya sehari dua hari bisa keluar. Karena genome sequencing itu butuh sekitar tiga hari atau lima hari untuk bisa tahu varianya apa,” kata Budi.


Karena itu, kepastian terkait konfirmasi cacar monyet baru diketahui setelah hasil keluar. Dia juga memastikan, hingga saat ini belum ada kasus konfirmasi cacat monyet di Indonesia.


“Memang ada suspek, kemarin ada sembilan suspek di seluruh Indonesia, tapi begitu dikirim ke kita negatif cacar biasa. Ini ada satu di kabupaten Pati, sekarang sedang dites apakah dia cacar monyet,” kata dia.


 

 

 


 

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Jadi Sebenarnya, Cacar Monyet Sudah Masuk Indonesia atau Belum?
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!