Jumat, 19/04/2024 - 17:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ini Kondisi dan Penyakit yang Bisa Dialami Lansia

ADVERTISEMENTS

Penurunan fungsi tubuh dialami lansia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan saat memasuki usia lanjut usia (lansia), seseorang mengalami penurunan kondisi dan fungsi tubuh. Sehingga, bisa terjadi gangguan hingga menderita penyakit saat usia lanjut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kemenkes Kartini Rustandi menjelaskan, saat lansia maka yang terjadi adalah mata yang mengalami penurunan penglihatan, kemampuan pendengaran yang menurun sehingga kalau berbicara dengan kelompok umur ini harus lebih keras. 

ADVERTISEMENTS


“Kemudian, pencernaan metabolisme tubuhnya (mengalami penurunan). Kalau dulu bisa makan bakso dimana saja tetapi sekarang kok mencret ya,” ujarnya, Kamis (4/8/2022).


Karena metabolisme kelompok usia ini kurang baik, dia melanjutkan, lansia kemudian memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi). Atau bisa juga menderita penyakit jantung, bahkan gangguan paru kalau kurang bergerak. Tak menutup kemungkinan lansia mengalami gangguan pernapasan karena sistem imunitas tubuhnya yang menurun. Kemudian, ingatan juga jadi mudah lupa. 

Berita Lainnya:
Mengapa Orang Lebih Mudah Emosi Saat Berkendara? Ternyata Ini Alasannya


“Itulah kenapa orang tua harus diindungi. Ajak untuk beraktivitas dan aktif,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Ia meminta anak-anaknya yang masih muda atau kelompok usia muda bisa memahami kondisi orang tua supaya tak tambah stres. Untuk menjadi orang tua yang sehat mandiri aktif dan produktif (SMART), Kartini meminta lansia bisa diajak beraktivitas. Bisa mengajak lansia untuk senam, dansa, ikuti kegiatan pos pelayanan terpadu (posyandu) lansia supaya mereka diperiksa dan diberikan aktivitas.

Berita Lainnya:
Pakar Yoga Bagikan Trik untuk Normalkan Penglihatan, Dokter Ulas Mitos-Faktanya


Ia menambahkan, jika lansia tidak dilatih senam dansa dan semacamnya maka akan menjadi kaku dan hubungan otak kiri dan kanan tak jadi baik. Padahal, ia mengingatkan menjadi lansia bukan berarti tak produktif karena masih memiliki kemampuan untuk mendoakan anaknya atau memberikan nasihat. 


“Ini perlu menjadi perhatian anak-anak muda,” ujarnya.


Selain itu, ia meminta anak muda tidak bisa menyamakan kondisi orang tuanya seperti dulu. Misalnya marah ketika memanggil orang tua, padahal tak mendengarnya, kemudian orang tua yang lambat makannya, atau saat pelan-pelan berjalan ke mobil.  

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi