Sabtu, 20/04/2024 - 04:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Dharmasraya akan Gelar Festival Pamalayu Edisi Kedua

ADVERTISEMENTS

Festival Pamalayu edisi kedua akan digelar Pemkab Dharmasraya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

DHARMASRAYA– Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, akan menggelar Festival Pamalayu edisi kedua pada Agustus 2022 ini. Asisten II Pemkab Dharmasraya, Yefrinaldi, mengatakan Kegiatan ini bertajuk Festival Pamalayu Kenduri Swarnabhumi karena berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Festival Pamalayu ini pertama kali diadakan pada 2019 lalu. Setelah itu, selama dua tahun tidak pernah lagi digelar karena terhalang pandemi covid-19.

ADVERTISEMENTS


“Kali ini festival bertema Keselarasan Alam Raya. Festival Pamalayu Kenduri Swarnabhumi akan digelar pada 18-23 Agustus di Komplek Candi Pulau Sawah, Nagari Siguntur, Dharmasraya,” kata Yefrinaldi, melalui siaran pers yang diterima Republika, Sabtu (6/8/2022).

Berita Lainnya:
'Banjir' Amicus Curiae di MK, Guru Besar Unpad: Karena Rasa Keadilan Masyarakat Terusik


Festival Pamalayu ini akan dibuka pada 18 Agustus 2022. Pada hari itu juga menurut Yefri, akan digelar kegiatan memasak makanan tradisional untuk memecahkan rekor MURI.


Mulai hari itu juga hingga 23 Agustus, digelar pameran artefak kuno dan produk UMKM. Artefak yang dipamerkan adalah temuan kuno di Dharmasraya yang merupakan koleksi BPCB Sumbar dan Museum Adityawarman.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Ayah Aniaya Anak Tiri Hingga Tewas di Bandung


Selanjutnya, pada 19-23 Agustus digelar kegiatan literasi yang terdiri dari seminar bertajuk ancaman kerusakan DAS Batanghari, seminar perkembangan kesenian di era digital, musikalisasi puisi serta lomba vlog dan esai.


Yefrinaldi menjelaskan sebanyak sembilan daerah yang masuk ke dalam Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari akan terlibat dalam Kenduri Swarnabhumi. Di Provinsi Jambi, daerah yang berpartisipasi dalam festival ini adalah Kabupaten Batanghari, Tanjung Jabung Timur, Muaro Jambi, Sarolangun, Merangin, Tebo, Bungo dan Kota Jambi.


 


 


 


 


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi