Sabtu, 20/04/2024 - 09:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Virus Cacar Monyet Bisa Bertahan di Air Mani Hingga Beberapa Pekan Setelah Sembuh

ADVERTISEMENTS

Cacar monyet bukanlah penyakit menular seksual.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Virus monkeypox bisa bertahan di air mani penderita cacar monyet hingga beberapa pekan setelah sembuh. Meski begitu, ahli menekankan bahwa cacar monyet bukan penyakit menular seksual.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Peluruhan (shedding) DNA virus monkeypox bisa terjadi di air mani orang yang terinfeksi selama berpekan-pekan setelah gejala muncul,” jelas peneliti Francesca Colavita dari laboratory of Virology di National Institute for Infectious Diseases ‘Lazzaro Spallanzani’ (IRCCS), Italia, seperti dilansir Times Now News, Ahad (7/8/2022).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Ulangi Penggunaan Sunscreen Tiap-Tiap Beberapa Jam untuk Perlindungan Maksimal

Melalui sebuah studi, Colavita dan timnya menganalisis sampel air mani dari seorang pasien pria berusia 39 tahun. Sampel tersebut diambil sekitar lima hingga 19 hari setelah gejala cacar monyet muncul.

Pasien pria tersebut mengaku melakukan hubungan seksual dengan sesama pria dan juga pekerja seks. Dalam beberapa bulan terakhir, pasien pria tersebut juga melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom dengan beberapa pasangan seksual berjenis kelamin pria.

Tim peneliti juga mengungkapkan bahwa pasien pria tersebut terinfeksi HIV dan memiliki riwayat infeksi menular seksual. Pasien pria ini dirawat di rumah sakit sekitar lima hari setelah gejala cacar monyet muncul.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Perlindungan dari Vaksin Terpantau Memudar, Cacar Monyet Terus Menyebar

Beberapa gejala yang dirasakan oleh pasien tersebut adalah demam dan kemunculan banyak lesi di sekitar anus dan lesi tunggal di kepala, dada, kaki, lengan, dan penis. Pasien ini pernah menerima satu dosis vaksin smallpox (cacar) di masa kanak-kanak, sekitar lebih dari 30 tahun lalu.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi