Sabtu, 20/04/2024 - 05:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Islam di Negeri Gajah Putih Thailand, Semakin Mendapat Ruang dan Peluang

ADVERTISEMENTS

Islam di Thailand semakin mendapat pengakuan di level pemerintahan

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA- Thailand barangkali menjadi negara yang paling unik di kawasan Asia Tenggara. Inilah satu-satunya negeri di kawasan tersebut yang tidak pernah dijajah bangsa Eropa. Meskipun demikian, pengaruh budaya Barat hingga kini menjadi bagian dari identitas kerajaan di Semenanjung Indocina itu. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Secara demografis, Thailand berpenduduk sekitar 66 juta jiwa (Thailandometers, 2021). Kebanyakan masyarakat setempat berasal dari kelompok etnis Thai yang memeluk agama Buddha. 

ADVERTISEMENTS


Tidak kurang dari 93 persen total populasi merupakan penganut ajaran tersebut. Bahkan, inilah negara dengan jumlah umat Buddha terbanyak kedua di dunia, yakni setelah Republik Rakyat Cina (RRC). 


Walaupun bukan mayoritas, kaum Muslimin merupakan komunitas agama terbesar kedua di Negeri Gajah Putih. Sekira 5 persen penduduk setempat menganut agama Islam. 

Berita Lainnya:
Tujuh Anggota Tubuh Ini Harus Dijaga dari Perbuatan Maksiat dan Dosa


Umumnya, para pemeluk Islam marak dijumpai di provinsi-provinsi dengan jumlah Melayu yang signifikan. Misalnya, Provinsi Pattani, Yala, Satun, Narathiwat, dan sebagian Songkhla Chumphon. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Menurut Imtiyaz Yusuf dalam artikelnya, Religious Diversity in a Buddhist Majority Country: The Case of Islam in Thailand, hubungan antarumat Islam dan Buddha di Thailand terjalin dengan semangat koeksistensi dan saling mengakomodasi. 


Di samping itu, setiap komunitas agama juga identik dengan suku-suku tertentu, yakni masingmasing Melayu dan Thai. Bagaimana mulanya syiar Islam masuk ke Thailand? Yusuf mengatakan, para sejarawan umumnya memiliki tiga jawaban atas pertanyaan tersebut. 


Pertama, Islam dibawa kaum pedagang dari Arab dan Gujarat pada abad ke-10 M. Pendapat kedua menyatakan, dakwah agama tauhid sampai ke Siamnama lama negara Thailand berkat pengaruh Kerajaan Malaka atau Samudra Pasai pada abad ke-15 M. 

Berita Lainnya:
Tips Hidup Sehat Berdasarkan Sunnah Nabi Muhammad


Terakhir, ahli sejarah menduga, orang-orang Siam pertama yang memeluk Islam berasal antara lain dari para penganut Hindu yang merasa ajaran Alquran tentang monoteisme dan kesetaraan manusia membebaskan mereka dari sistem kasta. 


Kini, sekitar 80 persen umat Islam di Thailand bertempat tinggal di daerah selatan negeri tersebut. Wilayah itu berdekatan dengan Malaysia. Dalam sehari-hari, bahasa Melayu sering kali dipakai oleh mereka. 


Hingga 2004, konflik acap kali mewarnai daerah Thailand selatan. Bahkan, Bangkok sempat menetapkan status darurat militer di sana. Di sisi lain, langkah-langkah militeristik pemerintah pusat telah menimbulkan luka di hati kaum Muslimin setempat.     


sumber : Harian Republika

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi