Jumat, 19/04/2024 - 00:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIGLOBAL

Topang Ekonomi, China Pangkas Suku Bunga

ADVERTISEMENTS

Bank Rakyat China memangkas suku bunga pinjaman satu tahun menjadi 2,75 persen.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 BEIJING — Bank sentral China memangkas suku bunga utama untuk menopang pertumbuhan ekonomi yang lesu. Adapun keputusan itu menyarankan Beijing untuk mengesampingkan kekhawatiran atas utang yang tinggi untuk mencegah kemerosotan. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Seperti dilansir dari laman AP, Selasa (16/8/2022) partai yang berkuasa telah secara efektif mengakui bahwa mereka tidak dapat mencapai target pertumbuhan resmi 5,5 persen tahun ini setelah pembatasan anti-virus mengganggu perdagangan, manufaktur, dan belanja konsumen. Tindakan keras terhadap pinjaman berlebihan industri real estat China yang luas memicu penurunan penjualan dan konstruksi rumah.

ADVERTISEMENTS


“Momentum pemulihan ekonomi telah melambat. Lebih banyak upaya diperlukan untuk mengkonsolidasikan fondasi pemulihan ekonomi,” kata juru bicara pemerintah, Fu Linghui.


Bank Rakyat China memangkas suku bunga pinjaman satu tahun menjadi 2,75 persen dari 2,85 persen dan menyuntikkan tambahan 400 miliar yuan (60 miliar dolar AS) ke pasar pinjaman setelah pertumbuhan output pabrik dan penjualan ritel melemah pada Juli dan penjualan rumah turun.


“Bank sentral tampaknya telah memutuskan sekarang memiliki masalah yang lebih mendesak,” kata Julian Evans-Pritchard dari Capital Economics dalam sebuah laporan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
PLN: Beban Listrik Jakarta Meningkat 39,3 Persen Usai Lebaran


Perlambatan itu menambah hambatan politik bagi Xi, pemimpin paling kuat China setidaknya sejak 1980-an. Dia masih secara luas diperkirakan akan berhasil, tetapi beberapa analis mengatakan dia mungkin terpaksa berkompromi dengan berbagi lebih banyak kekuatannya dengan para pemimpin partai lainnya.


Meskipun ada tekanan ke bawah pada pertumbuhan, para pemimpin partai menegaskan komitmen mereka terhadap strategi nol-Covid yang parah dalam sebuah pernyataan 29 Juli. Hal ini menurunkan referensi sebelumnya ke target pertumbuhan setelah ekonomi tumbuh hanya 2,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya paruh pertama 2022.


Pertumbuhan output pabrik pada Juli melambat menjadi 3,8 persen dibandingkan tahun lalu, turun 0,1 poin persentase dari bulan sebelumnya. Pertumbuhan belanja konsumen turun menjadi 2,7 persen, turun 0,4 poin persentase dari Juni.


Penjualan perumahan dan real estat komersial lainnya turun 28,8 persen dari tahun sebelumnya. Pemerintah Beijing memaksa pengembang untuk mengurangi tingkat utang, yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi anjlok pada pertengahan 2021, mengganggu pemulihan dari pandemi virus corona. Tindakan keras itu telah membuat pengembang yang lebih kecil bangkrut dan memicu kekhawatiran default oleh Evergrande Group terbesar, yang berutang 310 miliar dolar AS kepada bank dan pemegang obligasi.

Berita Lainnya:
Konflik Iran-Israel, Pertamina Siapkan Strategi Antisipasi Dampak Geopolitik  


“Tren penurunan” di real estat memiliki dampak besar pada pertumbuhan ekonomi,” kata Fu, juru bicara pemerintah.


Pemotongan suku bunga dan uang tambahan pinjaman kecil dibandingkan dengan ekonomi China senilai 17 triliun dolar AS per tahun, terbesar kedua di dunia. Sebaliknya, perubahan tersebut secara luas dilihat sebagai sinyal kepada industri perbankan milik negara untuk meminjamkan lebih banyak dan memotong biaya untuk peminjam komersial.


Partai yang berkuasa sedang berjuang untuk menghidupkan kembali aktivitas setelah Shanghai, ibu kota bisnis negara itu, dan pusat-pusat industri lainnya ditutup selama berminggu-minggu mulai akhir Maret untuk memerangi wabah virus.


Sebuah survei dari produsen yang dirilis sebelumnya menunjukkan aktivitas pada bulan Juli mengalami kontraksi. Indikator order baru, ekspor dan penyerapan tenaga kerja menurun.


Penjualan ritel turun 0,7 persen dari tahun sebelumnya paruh pertama setelah jatuh 11 persen pada April menyusul penutupan sementara Shanghai dan kota-kota lain.


sumber : AP

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi