Pahala Berjalan Kaki dengan Kendaraan Menuju Masjid, Samakah?

Pahala Berjalan Kaki dengan Kendaraan Menuju Masjid, Samakah?
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Setiap langkah kaki yang digunakan untuk berjalan akan diganjar pahala.

JAKARTA — Setiap langkah kaki yang digunakan untuk berjalan akan diganjar oleh Allah SWT satu kebaikan. Namun bagaimana hitungan pahala bagi mereka yang menggunakan kendaraan untuk ke masjid?


Melansir laman aboutislam.net, Selasa (16/8/2022), Dosen di Universitas Internasional Madinah Dr. Muhammad Salama menjelaskan, Ssejumlah hadits Nabi sangat menganjurkan berjalan kaki ketika pergi ke masjid. Nabi Muhammad SAW bersabda:


Yang paling utama di antara manusia (sebagai penerima) pahala (adalah) yang tinggal paling jauh, dan yang harus berjalan paling jauh, dan siapa yang menunggu shalat untuk mengamatinya bersama Imam, pahalanya lebih besar daripada orang yang shalat (sendirian) lalu tidur.” ( Muslim )


Ubay bin Kab berkata:


“Ada seorang laki-laki, dan saya tidak mengenal laki-laki lain, yang rumahnya lebih jauh dari masjid dan dia tidak pernah meninggalkan shalat (jamaah). Dikatakan kepadanya atau saya berkata kepadanya, Jika anda membeli seekor keledai yang dapat anda tunggangi di malam yang gelap dan di pasir yang terbakar.

BACA JUGA:
Wisata Qariat Zaman di Riyadh Berupaya Hadirkan Sejarah Masa Lalu


Dia berkata, Saya tidak suka rumah saya terletak di samping masjid, karena saya (sangat) ingin agar langkah saya menuju masjid dan kembali darinya, harus dicatat ketika saya kembali ke keluarga saya. Atas hal ini Rasulullah berkata, Allah telah mengumpulkan semua (pahala) untuk Anda. (Muslim)Nabi Muhammad bersabda:


“Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian dia berjalan ke salah satu rumah Allah untuk menunaikan kewajiban di luar kewajiban Allah, maka kedua langkahnya (penting) karena salah satunya akan melenyapkan. dosanya dan yang kedua akan menaikkan statusnya.” (Muslim)


Nabi Muhammad bersabda:


“Beri kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan ke masjid dalam kegelapan karena mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.” (Abu Daud)

BACA JUGA:
Lima Hikmah Diharamkannya Riba


Hadits-hadits diatas merupakan anjuran untuk berjalan ke masjid. Tetap berkendara ke masjid, bersama dengan pengeluarannya, adalah pahala.


Allah SWT berfirman dalam surat Al-Anfal ayat 60,


وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ وَآخَرِينَ مِنْ دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمُ اللَّهُ يَعْلَمُهُمْ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تُظْلَمُونَ


Persiapkanlah untuk (menghadapi) mereka apa yang kamu mampu, berupa kekuatan (yang kamu miliki) dan pasukan berkuda. Dengannya (persiapan itu) kamu membuat gentar musuh Allah, musuh kamu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya, (tetapi) Allah mengetahuinya. Apa pun yang kamu infakkan di jalan Allah niscaya akan dibalas secara penuh kepadamu, sedangkan kamu tidak akan dizalimi.


Ketika berjalan ke masjid bertemu kesulitan yang tak tertahankan, seperti ketika seseorang sudah tua atau tinggal sangat jauh dari masjid, mengemudi ke masjid ternyata menjadi solusi yang masuk akal.n 

0
happy
Happy
0
sad
Sad
0
angry
Angry
0
shock
Shock
0
sick
Sick
Pahala Berjalan Kaki dengan Kendaraan Menuju Masjid, Samakah?
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!

Follow us