Sabtu, 20/04/2024 - 05:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Iran Siap Bertukar Tahanan dengan AS

ADVERTISEMENTS

AS harus membebaskan warga Iran yang dipenjara tanpa syarat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 TEHERAN — Pemerintah Iran pada Rabu (17/8/2022) menyatakan siap untuk  pertukaran tahanan dengan Amerika Serikat (AS). Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani, mengatakan, AS harus membebaskan warga Iran yang dipenjara tanpa syarat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Kami siap menukar tahanan dengan Washington. AS harus membebaskan warga Iran yang dipenjara tanpa syarat apa pun,” ujar Kaani, dilansir Anadolu Agency, Kamis (18/8/2022).

ADVERTISEMENTS


Kaani mengatakan, warga Iran yang dipenjara di AS telah menjadi korban ketidakadilan oleh sistem peradilan negara itu. Mereka mengalami tuduhan palsu terkait pelanggaran sanksi AS. Kaani berharap warga Iran yang dipenjara di AS dapat segera kembali ke keluarga mereka.

Berita Lainnya:
Israel Diserang, AS Bakal Ikut Balas Iran?


Sebelumnya pada Selasa (15/8/2022), Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken meminta Teheran untuk membebaskan warga negara Iran-Amerika yang dipenjara di negara itu.  Iran mengatakan orang-orang ini telah dipenjara atas tuduhan spionase. Sejauh ini tidak ada perkiraan khusus orang Amerika yang dipenjara oleh Iran.


 Pada 2019, Teheran membebaskan seorang ilmuwan China-Amerika yang dipenjara oleh Iran atas tuduhan spionase.  Saat itu, Teheran menuduh AS menahan 20 warga Iran di penjaranya. Iran dan AS saat ini berusaha untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir 2015. Pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump secara sepihak menarik diri dari perjanjian itu pada 2018.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Ini Spesifikasi Drone 'Kamikaze' yang Digunakan Iran dalam Serangan ke Israel


Washington kemudian menjatuhkan sanksi yang menggoyahkan ekonomi Iran. Sejak itu, Iran terus meningkatkan pengayaan uranium hingga mendekati tingkat senjata nuklir. Namun Iran membantah bahwa mereka sedang mengembangkan senjata nuklir.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi