IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Menkominfo: Indonesia-Malaysia Komitmen Jaga Ruang Digital

Menkominfo: PayPal Resmi Terdaftar PSE, Epic Games Belum

Kedua negara bertekad agar ruang digital selalu bersih dan bermanfaat bagi masyarakat

JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate menerima kunjungan bilateral Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Annuar Haji Musa. Dalam pertemuan itu, kedua negara membahas kerja sama untuk menjaga ruang digital.

“Kami berdiskusi yang berkaitan dengan hampir keseluruhan pekerjaan digital, mulai dari infrastruktur hulu digital, infrastruktur hilir digital, dan tata kelola ruang digital,” ujar Johnny dalam siaran pers Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (19/08/2022).

Johnny mengatakan, Pemerintah Indonesia dan Malaysia mempunyai pemahaman yang sama terkait dengan komitmen menjaga keamanan ruang digital. Selain itu, kedua negara bertekad agar ruang digital Malaysia dan ruang digital ASEAN selalu bersih dan bisa bermanfaat bagi masyarakat ASEAN.

Di samping menjaga ruang digital, Johnny juga menegaskan kerja sama juga diperkuat dalam menghadapi berbagai tantangan ekosistem TIK antar kedua negara. “Mulai dari pilihan-pilihan teknologi yang tepat yang perlu kita adopsi di dalam negeri, pilihan-pilihan teknologi satelit, teknologi telekomunikasi sampai kepada teknologi-teknologi yang berhubungan dengan cyber security dan yang menjaga ruang digital tetap bersih,” katanya.

BACAAN LAIN:
Usulan Jabatan Gubernur Dihilangkan, Jokowi: Perlu Kajian Mendalam

Johnny menyatakan, Indonesia dan Malaysia akan saling memberikan dukungan untuk memperjuangkan kebijakan dan tata kelola telekomunikasi universal. Ini karena berkaitan dengan regulasi dan hak-hak ASEAN, hak-hak negara masing-masing yang berhubungan dengan kebijakan dan tata kelola telekomunikasi universal.

Menurut Johnny, baik Indonesia, Malaysia, dan ASEAN juga saling mendukung terkait kebijakan yang berhubungan dengan perkembangan dan transformasi digital. “Indonesia dan Malaysia dari waktu ke waktu terus membangun hubungan dan menjalin hubungan yang semakin erat, agar kerja sama itu bermanfaat di telekomunikasi dan di broadcasting,” katanya.

Menteri Annuar Haji Musa menegaskan, Pemerintah Republik Indonesia dan Malaysia memiliki tujuan yang sama dalam mengembangkan dan mengadopsi bidang telekomunikasi. Hal tersebut diakuinya dari tindaklanjut yang dilakukan pada pertemuan sebelumnya.

BACAAN LAIN:
Soal Migor, Pemerintah Diminta Cek Ulang Apakah Ada Permainan

“Saya juga melihat setiap pertemuan saya dengan Bapak Johnny Plate, kami dapat bersama-sama berfungsi, menjalin kerja sama yang sangat berguna, dan banyak kebijakan yang memang bukan saja ada kebersamaan, tetapi juga mempunyai hal dan tujuan yang sama. Karena justru pertemuan yang seperti ini, bahkan ditindaklanjuti oleh pegawai-pegawai tertinggi daripada kedua negara,” katanya.

Berkaitan dengan dukungan di tingkat global, Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia pun menegaskan komitmen yang sama seperti dalam forum ITU, di mana kedua negara terus membahas peluang kerja sama tersebut. “Agenda lain dalam pertemuan yang seperti ini sangat besar maknanya, saya melihat ruang itu terus bekerja sama. Bukan saja dalam soal pengalaman bagaimana masing-masing negara menangani masalah penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan penggunaan teknologi yang terkini, tetapi juga pengurusan cyber space secara keseluruhannya,” katanya.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Menkominfo: Indonesia-Malaysia Komitmen Jaga Ruang Digital
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!