Selasa, 16/04/2024 - 21:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Wamenkeu: Aset Bank per PDB RI Masih Kecil Dibanding Negara ASEAN

ADVERTISEMENTS

Kapitalisasi pasar modal Indonesia per PDB juga masih rendah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengungkapkan aset bank per Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia masih relatif kecil dibanding negara ASEAN-5, yakni hanya 59,5 persen. Adapun aset bank per PDB Malaysia mencapai 198,6 persen, Filipina 99,2 persen, Singapura 572,1 persen, dan Thailand 146,6 persen.

ADVERTISEMENTS


“Negara lain banyak yang di atas 100 persen kita harus menuju ke sana agar menjadi negara dengan aset di perbankannya yang lebih besar daripada PDB,” kata Suahasil dalam Rapat Kerja dengan Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat (Baleg DPR) RI yang dipantau secara daring di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Wapres Ma'ruf Minta BSI Konsisten Implementasikan Nilai-Nilai Syariah


Tak hanya itu, ia menuturkan kapitalisasi pasar modal Indonesia per PDB juga masih rendah, yakni hanya 48,3 persen. Sementara Malaysia tercatat 109,9 persen, Filipina 93,2 persen, Singapura 189 persen, dan Thailand 120,9 persen.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah


Begitu pula dengan aset industri asuransi Indonesia per PDB yang baru mencapai 5,8 persen, sedangkan Malaysia 20,3 persen, Filipina 8,5 persen, Singapura 47,5 persen, serta Thailand 23,2 persen.


Kondisi yang sama juga terlihat dengan aset dana pensiun Indonesia per PDB yang hanya 6,9 persen atau sama dengan Thailand. Meski lebih tinggi dari Filipina yang sebesar 3,5 persen, aset dana pensiun per PDB Indonesia masih kalah dibanding Malaysia 59,9 persen dan Singapura 32,2 persen.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Vietnam Siap Naik Status jadi Pasar Negara Berkembang Sekunder


Dengan keseluruhan data tersebut, Suahasil menilai sektor keuangan Indonesia masih relatif dangkal dibandingkan negara lain di ASEAN-5, sehingga masih bisa berkembang lebih pesat dan besar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal


“Maka dari itu, lahan berbisnis di sektor keuangan ini berarti masih luar biasa besar karena negara lain bisa 100 persen dari PDB mereka,” ungkapnya.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%


Ia menyebutkan sektor perbankan saat ini masih mendominasi aset sektor keuangan Indonesia yang tercatat sebesar Rp12.162,8 triliun pada 2020, yakni sebesar 76,7 persen. Kemudian disusul oleh dana pensiun sebesar 8,7 persen, asuransi 7,4 persen, lembaga pembiayaan 4,9 persen, dan lainnya 2,2 persen.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024


 

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi