Jumat, 19/04/2024 - 06:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Isu Keamanan Dibalik Kontroversi Pesta-Pesta PM Finlandia Sanna Marin

ADVERTISEMENTS

Media mengkritik kemungkinan isu keamanan bocor ketika PM Finlandia berpesta

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 HELSINKI — Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin mendapat hujan kritikan setelah video pesta bersama-sama teman-temannya tersebar di media sosial. Dalam tajuk editorialnya surat kabar Helsingin Sanomat mengatakan pesta itu merupakan masalah keamanan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Perdana menteri bisa, di situasi yang sensitif memberikan informasi senjata perang di tangan orang yang ingin melukai Finlandia, mungkin terdapat banyak kebocoran, bila bukan pesta yang ini, mungkin pesta berikutnya,” kata surat kabar itu seperti dikutip the Washington Post, Jumat (19/8).

ADVERTISEMENTS


Ini tidak bukan pertama kalinya Marin terdesak karena masalah pesta. Pada bulan Desember tahun lalu Anggota Social Democratic Party itu “ketahuan” berpesta di sebuah klub Helsinki hingga pukul 04.00 pagi tanpa membawa telepon genggamnya.  

Berita Lainnya:
Berpantun Tentang Ikan, Dubes Iran: Indonesia Yang Aku Sayangi, Selamat Hari Idul Fitri


Ia meminta maaf atas kejadian itu, karena keluar di tengah pandemi virus korona. Telepon genggamnya memberi notifikasi ia telah bertemu dengan orang yang terinfeksi Covid-19. Tapi akhirnya ia tidak positif.


Marin merupakan pemimpin negara termuda ketika ia terpilih pada tahun 2019 lalu di usia 34 tahun. Kemenangannya membawanya ke kelompok kecil para pemimpin yang terpilih di usia 30-an seperti Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dan Presiden Salvador Nayib Bukele.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Marin menggantikan Antti Rinne yang lahir tahun 1962, sebelumnya Juha Sipilä, lahir tahun 1961. Marin lahir 1985, dua dekade setelahnya.

Berita Lainnya:
Anggota Parlemen China ke Korut Perkuat Hubungan Bilateral


“Posisi Marin di eksekutif mengganggu apa yang telah lama masyarakat sudah nyaman dalam hal usia dan gender (pria tua),” kata pengamat politik dari Whittier College, Sara Angevine.


Profesor  Saint Mary’s College, Notre Dame, Bettina Spencer mengatakan pemimpin perempuan muda diawasi lebih ketat dibandingkan pemimpin pria tua.”Pemimpin muda tidak dianggap serius karena stereotip tentang usia, pemimpin perempuan tidak dianggap serius karena stereotip gender, pemimpin perempuan muda tidak dianggap serius karena persimpangan usia dan gender mereka,” kata Spencer.


“Karena itu mereka diawasi lebih ketat pada setiap perilaku yang memperkuat keyakinan mereka mungkin tidak ‘serius’, dan itu termasuk berdansa dengan teman-teman di pesta pribadi,” katanya. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi