Jumat, 19/04/2024 - 02:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

DIGITALEKONOMI

Jurus UMKM Go Digital, Seperti Apakah?

ADVERTISEMENTS

Kolaborasi berbagai pihak penting untuk membantu meningkatkan produktivitas UMKM.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 BANDUNG — Setelah dihantam badai pandemi, saat ini perekonomian Indonesia mulai pulih yang ditunjukkan dengan pertumbuhan 5,4 persen pada Semester 1/2022. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menekankan bahwa adopsi teknologi dan inovasi digital berpotensi untuk meningkatkan ketahanan produktivitas dan ekonomi. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai Rp5.400 triliun pada 2030, terbesar di Asia Tenggara. Namun sayangnya lebih dari 10 persen produk yang diperdagangkan di e-commerce masih produk impor. Maka, agar dapat memperkuat kapasitas produksi dalam negeri sebagai pasar ekonomi digital yang besar, Teten menilai pentingnya kerja sama seluruh pihak.

ADVERTISEMENTS


Dalam acara peringatan Hari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Nasional 2022 yang diselenggarakan di Bandung pada 11-14 Agustus 2022 lalu, Teten mendorong seluruh stakeholder mulai dari pemerintah, lembaga keuangan, dan asosiasi untuk mewujudkan UMKM Juara. ”Percepatan UMKM Go Digital melalui kebijakan nasional ekonomi digital dilakukan agar digitalisasi ekonomi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi produsen dalam negeri,” ujar Teten dalam ajang tersebut dalam siaran pers yang diterima Republika, Sabtu (20/8/2022).


Teten Masduki juga mendukung ide perdagangan antar provinsi yang diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah kondisi ekonomi global yang lesu dan inflasi yang tinggi. 

Berita Lainnya:
Warga Jawa Barat, Yuk Mampir ke Posko Mudik BPJS Kesehatan


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai kunci untuk UMKM berkembang adalah bersatu. ”Kita jangan bergantung dengan perdagangan luar negeri. Maksimalkan perdagangan antar provinsi yang dapat dimulai dengan merilis data kebutuhan setiap provinsi agar dapat disuplai dari provinsi lain,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Maka, dalam rangka meningkatkan produktivitas UMKM lokal, Ninja Xpress mendukung kolaborasi multi-stakeholder untuk mempercepat UMKM Go Digital. Pada acara peringatan tersebut, Ninja Xpress membantu UKM dalam melakukan transformasi digital dengan menyediakan fasilitas Creative Business Solutions gratis dan mempromosikan produk dari dua UMKM terpilih di booth Ninja Xpress serta melakukan serangkaian kegiatan digital activation


“Ninja Xpress memahami pentingnya kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk membantu meningkatkan produktivitas UKM lokal agar dapat lebih kuat menopang perekonomian bangsa,” ujar Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.


Sesuai dengan tema peringatan tahun ini ‘UMKM Juara dengan Digital’, pihaknya menyediakan layanan Creative Business Solutions di acara tersebut untuk mendampingi para UMKM menuju digital serta melakukan digital activation untuk mempromosikan produk shipper di booth Ninja Xpress. ”Kami berharap penyelenggaraan acara ini dan layanan yang kami berikan dapat memotivasi semangat mereka untuk bangkit menjadi UMKM Juara setelah dilanda pandemi,” lanjut Andi.

Berita Lainnya:
Teten Yakin UMKM Otomotif Mampu Beradaptasi dengan Tren EV


Pada kesempatan ini, Ninja Xpress juga memamerkan produk-produk dari dua UMKM terpilih di bazar yang dihadiri sekitar 80 ribu pengunjung yaitu brand Meika dan Beestore.  Untuk menjangkau calon pembeli yang lebih banyak, Ninja Xpress juga melakukan kegiatan digital activation melalui endorsement dan kehadiran influencer untuk membantu pemasaran produk UMKM tersebut. 


Indra Komara Putra, pemilik merek Meika, salah satu UMKM yang terpilih produknya untuk dipamerkan di booth Ninja Xpress mengungkapkan ajang Hari UMKM di Bandung ini memberikan kesempatan yang besar bagi UKM untuk memperluas exposure produknya secara nasional. ”Ninja Xpress telah banyak membantu dengan memamerkan produk kami di booth Ninja Xpress pada acara bazar lain dan melakukan serangkaian kegiatan activation untuk meraih pelanggan yang lebih banyak dan luas lagi seperti melalui pendekatan kepada influencer yang sudah terkenal,” kata dia.


Dadang Sukanda, Head of Business Development Beestore, menilai pihaknya butuh mitra diskusi untuk mengetahui kebutuhan pasar. ”Ini agar kami tahu strategi yang harus dilakukan dari sisi pemasaran dan Ninja Xpress menjadi mitra yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut,” paparnya.


sumber : siaran pers

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi