Jumat, 26/04/2024 - 05:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Dunia Sudah Hampir Kehilangan Kesempatan Emas Cegah Penyebaran Cacar Monyet

ADVERTISEMENTS

Infeksi cacar monyet dapat berpindah ke anak sebagai kelompok berisiko lainnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

LONDON — Para ahli memperingatkan dunia hampir kehilangan kesempatan emas untuk menghentikan penyebaran cacar monyet. Itu terjadi lantaran stok vaksin yang dibutuhkan untuk kelompok rentan tidak mencukupi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Saat ini, ada sekitar 20 kasus yang ditemukan setiap hari di Inggris. Pekan sebelumnya, angka temuan kasus harian mencapai 35.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurut data terbaru dari Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), ada 3.081 kasus yang dikonfirmasi di Inggris. Sebanyak 114 lainnya kemungkinan besar juga terinfeksi.

ADVERTISEMENTS


Sementara itu, di Amerika Serikat (AS), ada 14.115 kasus. California dan New York menjadi wilayah yang paling banyak temuan cacar monyet.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Pada Sabtu (20/8/2022), Indonesia juga telah mengonfirmasi temuan satu kasus cacar monyet dari pria yang pulang bepergian dari luar negeri. Sementara itu, pada Sabtu malam waktu setempat, Kuba juga menemukan kasus cacar monyet dari turis asal Italia.

Berita Lainnya:
Jus Buah Dianggap Minuman tak Sehat oleh Ahli Kesehatan, Mengapa?

Seiring bertambahnya kasus, kemungkinan untuk menahan penyakit terus berkurang. Profesor Eyal Leshem dari Sheba Medical Center Israel mengatakan infeksi dapat berpindah ke kelompok berisiko lainnya, termasuk anak-anak, orang dewasa yang rentan, dan hewan peliharaan.

“Memetik pelajaran dari masa lalu, kita tahu bahwa kita cuma punya sedikit waktu emas dalam menghentikan wabah. Pada titik ini, kami melihat jendela peluang ini perlahan-lahan tertutup,” kata Prof Leshem.

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), anak-anak di bawah usia delapan tahun dapat mengembangkan reaksi yang lebih parah terhadap virus monkeypox. Terlebih, anak-anak yang memiliki eksim atau kondisi penyakit kulit lain, serta anak-anak yang memiliki masalah imunitas.

Dalam kasus yang jarang terjadi, virus monkeypox dapat menyebabkan ensefalitis (pembengkakan otak), pneumonia, sepsis, kehilangan penglihatan, dan banyak lagi. Sejauh ini, masih belum diketahui alasan anak-anak lebih berisiko, sama seperti ibu hamil dan orang dewasa rentan.

Berita Lainnya:
Belum Kunjung Punya Momongan, Yuk Periksakan Diri ke Dokter

Meski begitu, sampai sekarang anak-anak belum terinfeksi secara luas. Sebagian besar kasus masih terlihat pada pria yang berhubungan seks dengan pria.


Diperkirakan setidaknya delapan anak di Amerika Serikat (AS) dan satu anak laki-laki di bawah 15 tahun di Inggris yang tertular cacar monyet. Untuk mengatasi hal ini, Inggris awalnya memesan 50 ribu vaksin yang cukup untuk memvaksinasi 25 ribu orang.


Sekarang total vaksin yang telah dipesan 150 ribu, jumlah maksimum yang tersedia. Namun, itu pun dikhawatirkan tidak segera tiba untuk memenuhi kebutuhan.


Bukan peluru perak


Dilansir The Sun, Ahad (21/8/2022), Kepala kesehatan telah memperingatkan kelompok gay untuk ekstra waspada terhadap gejala cacar monyet, terutama jika mereka berencana untuk berhubungan seks. Sebab, vaksin bukan “peluru perak” dalam pencegahan cacar monyet.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi